Toyota-Kenworth T680s Hydrogen dari Hibah $41 juta

Toyota-Kenworth T680s Hydrogen dari Hibah $41 juta

Persaingan kendaraan komersial tanpa emisi gas buang semakin gencar. Baru-baru ini Kenworth Truck Company dan Toyota Motor North America melakukan kolaborasi dengan menghadirkan 10 unit Kenworth T680s tanpa emisi gas buang.

Adapun Kenworth T680s tersebut dipasangkan sumber tenaga hidrogen Toyota. Diyakini kolaborasi tersebut bagian dari hibah $41 juta dari Zero and Near-Zero Emissions Freight Facilities (ZANZEFF) yang diberikan California Air Resources Board (CARB), bersama Pelabuhan Los Angeles.

Dana tersebut juga bagian dari program yang lebih besar dengan kucuran dana $ 82 juta, sedianya untuk menempatkan traktor listrik fuel cell, infrastruktur pengisian hidrogen dan peralatan penanganan kargo di pelabuhan Los Angeles pada 2020.

Toyota-Kenworth T680s Hydrogen dari Hibah $41 juta

Program tersebut juga akan mendanai infrastruktur bahan bakar hidrogen, termasuk dua stasiun pengisian bahan bakar di bawah investasi final Equilon Enterprises LLC, akan dikembangkan melalui Shell Oil Product U.S., untuk mendukung operasi truk listrik sel bahan bakar di California Selatan.

Kenworth T680s akan mengirimkan kargo dari Los Angeles dan kota di sekitarnya seperti Ontario dan San Bernardino. Tetap menghadirkan tanpa emisi gas buang, hanya uap air, hal ini berkat sumber tenaga hidrogen yang menghasilkan listrik berkat pengembangan Kenworth dan Toyota.

Ini adalah peluang yang sangat baik bagi Kenworth dan Toyota untuk bekerja sama untuk mengeksplorasi dan mendorong pengembangan teknologi tanpa emisi yang akan memainkan peran penting dalam transportasi komersial masa depan,” ujar Mike Dozier, Mike Dozier, Kenworth General Manager and PACCAR Vice President.

“Ini bukan sekadar percobaan sains; tujuannya adalah untuk membuat perbedaan di masyarakat. Untuk menghilangkan polusi dan meningkatkan kualitas udara di dalam dan sekitar Pelabuhan Los Angeles, ”kata Bob Carter, Executive Vice President, Toyota Motor North America.

Kenworth T680s andalkan hidrogen Toyota akan mengolah gas hidrogen untuk memproduksi tenaga listrik. Listriknya akan digunakan menggerakkan motor listrik untuk melajukan truk, sekaligus mengisi ulang baterai lithium ion.

Jarak tempuh Kenworth T680s berbahan bakar hidrogen ini bisa melaju lebih dari 480 km dengan pemakaian di kondisi normal. [Kusnadi]

KOMENTAR (0)