Audi A8 L Security, Sedan Lapis Baja Untuk Eksekutif.

Audi A8 L Security, Sedan Lapis Baja Untuk Eksekutif.

Baru-baru ini  Audi merilis A8 versi istimewa dengan nama Audi A8 L Security untuk pasar Rusia. Audi sangat paham kalau di negeri beruang merah itu segmen pasar mobil premium berlapis baja sedang ramai dan banyak orang penting yang sangat membutuhkan dukungan sekuriti tingkat tinggi  ke mana saja mereka pergi. Bodi A8 L Security dilapisi bahan ultra kuat untuk meredam berbagai serangan bersenjata. Dan tidak hanya tembakan oleh senapan serbu,  juga mampu menahan hantaman peluru kaliber besar serta letusan granat.

Audi A8 L Security, Sedan Lapis Baja Untuk Eksekutif.

Modifikasi untuk mengubah Audi A8 L sehingga menjadi Audi A8 L Security membutuhkan waktu kerja sebanyak 400 jam. Hasilnya,  A8 L Security memenuhi klasifikasi proteksi VR9/VR10 sehingga mampu menahan tembakan peluru kaliber 12,7 mm. Secara umum, kabin Audi A8 L Security memenuhi klasifikasi proteksi  VR9 yang berarti mampu menahan tembakan peluru kaliber 7,62 mm x 51 mm (NATO) termasuk peluru jenis AP, granat dan ranjau. Sedangkan kaca untuk jendela terbuat dari lapisan polikarbonat yang memiliki proteksi balistik tertinggi (VR10) bagi kendaraan sipil atau non militer.

Audi A8 L Security, Sedan Lapis Baja Untuk Eksekutif.

Mengingat ancaman keamanan tidak selalu berupa tembakan senjata atau bahan peledak, Audi melengkapi  A8 L Security dengan sistem racun api (fire suppression system) yang memiliki penyemprot (nozzle) di bawah kap mesin, di fender roda, di tangki bahan bakar dan seluruh bagian kolong mobil. O iya, tangki bahan bakar dilengkapi penyekat khusus (sealant) untuk menutup kebocoran lubang akibat tembakan peluru. Mengantisipasi gangguan keamanan berupa serangan dengan bahan kimia, rangkaian flap pada Audi A8 L Security akan menutup rapat sehingga tidak ada udara luar yang masuk kabin. Sebagai gantinya, tersedia sistem pemasok udara segar agar  para penumpang dapat bernafas normal saat berada dalam kabin. Memaksimalkan mobilitas dalam kondisi darurat, terpasang ban run-flat PAX berukuran 20 inci yang bisa  dipacu hingga  80 km/jam sejauh 80 km dengan kondisi kempis total (tidak ada udara sama sekali). Selanjutnya di balik grille, kaca spion, belakang terdapat perangkat darurat untuk “mengusir” orang dan kendaraan lain yang menghalangi Audi A8 L Security.

Audi A8 L Security, Sedan Lapis Baja Untuk Eksekutif.

Seandainya sistem tersebut  gagal melindungi konsumen, masih ada  kotak lapis baja (armored box) di ruang bagasi yang berisi  baterai cadangan dan radio komunikasi untuk memanggil bala bantuan. Kalau mobil terbalik dan penumpang terkurung dalam kabin? Tenang saja karena ada bahan peledak khusus untuk menjebol pintu agar semua penumpang bisa keluar dengan cepat

Audi A8 L Security, Sedan Lapis Baja Untuk Eksekutif.

Penambahan berbagai perangkat keamanan tersebut menyebabkan bobot Audi A8 L Security melonjak hingga mencapai 3.950 kg-4.220 kg. Konsekuensinya, tim engineering Audi memilih mesin V8 4,0 liter twin turbo milik Audi S8 dengan output 563 hp dan 800 Nm. Bandingkan dengan mesin standar V8 4,0 liter yang menghasilkan 453 hp dan 660 Nm. Akselerasinya cukup mengesankan dengan 6,3 detik untuk akselerasi 0-100 km/jam alias lebih lambat  2,5 detik dibanding S8 dan  top speed dibatasi dari 250 km/jam menjadi 210 km/jam.  Di Rusia, Audi A8 L Security ditawarkan dengan harga mulai dari US$ 750.000 (sekitar Rp 11 miliar, harga belum termasuk paket opsional). Semua pesanan membutuhkan waktu pengerjaan sekitar tiga bulan hingga enam bulan.

KOMENTAR (0)