Begini Cara Merawat Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Toyota

Begini Cara Merawat Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Toyota

Auto2000 memasarkan berbagai jenis kendaraan elektrifikasi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan. Mulai dari jenis Hybrid Electric Vehicle (HEV) seperti All New Kijang Innova Zenix HEV dan All New Yaris Cross HEV, hingga mobil listrik Toyota bZ4X sebagai Battery Electric Vehicle (BEV) yang turut melantai di GIIAS 2023. Lantas, bagaimana dengan perawatannya?

Salah satu komponen penting pada kendaraan elektrifikasi Toyota, baik mobil hybrid maupun mobil listrik, adalah baterai yang umumnya diletakkan di bawah kabin penumpang. Pabrikan Toyota sudah mempertimbangkan aspek safety sehingga AutoFamily tidak perlu khawatir, khususnya dari risiko terbakar dan terkena air.

Begini Cara Merawat Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Toyota

Namun begitu, tetap ada hal lain yang harus diperhatikan. Kijang Innova Zenix Hybrid menyimpan baterai hybrid di bawah jok penumpang depan dan terdapat motor blower yang berfungsi menyalurkan udara dari kabin melalui kisi udara di bawah jok penumpang depan. Jika air intake duct tertutup, maka udara yang dialirkan sebagai pendingin baterai akan terhambat bahkan hilang sama sekali.

Ketika ventilasi tertutup, pendinginan baterai akan terganggu dan suhunya meningkat. Kondisi ini menyebabkan baterai mengalami overheat dan kinerjanya juga akan turun, baik pada saat charge maupun discharge, bahkan berisiko rusak. itu. Jangan menutup air intake duct baterai hybrid yang ada di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid.

Mobil hybrid dan mobil listrik Toyota lainnya kemungkinan memiliki layout dan konstruksi baterai yang berbeda. Untuk memastikannya, AutoFamily dapat berdiskusi dengan service advisor Auto2000 dan mempelajari buku manual kendaraan.

Begini Cara Merawat Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Toyota

Perawatan Baterai Mobil Listrik Toyota bZ4X

Baterai milik bZ4X merupakan baterai pertama di mobil Toyota yang mengadopsi sistem pendingin air layaknya radiator mesin. Sistemnya menggunakan refrigeran dan membantu menjaga output tetap stabil ketika setiap sel didinginkan secara individual. Sistem ini terhubung ke sistem pendingin udara kendaraan sehingga ada koordinasi hemat daya antara baterai dan kontrol suhu kabin.

Meskipun terlihat kompleks, namun AutoFamily tidak perlu khawatir terkait perawatannya karena praktis tinggal menyerahkan tugas tersebut ke bengkel Auto2000. Dengan teknisi bersertifikat Toyota global dengan fasilitas dan peralatan bengkel yang modern dan lengkap, Auto2000 akan memastikan baterai mobil listrik Toyota bZ4X selalu berada dalam kondisi terbaik tanpa perlu merepotkan pelanggan.

Begini Cara Merawat Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Toyota

Charging Baterai Mobil Listrik Gratis di Bengkel Auto2000

Dalam paket penjualan mobil listrik Toyota bZ4X, Auto2000 menyertakan wall charger untuk instalasi pengisian baterai mobil listrik Toyota bZ4X di rumah pelanggan. Termasuk jasa pemasangannya secara gratis, dengan catatan daya listrik di rumah pelanggan sudah memadai dan dilengkapi sertifikat kelayakan dari pihak terkait.  Tentu saja sangat mudah, aman dan nyaman.

Nah bagi pemilik bZ4X yang ingin melakukan pengecasan mobil Toyota bZ4X di luar rumah, saat ini di beberapa cabang Auto2000 sudah menyediakannya secara gratis. Jadi jangan khawatir. Saat ini telah tersedia charging station di 15 cabang Auto2000 yang sudah bisa beroperasi dan rencananya dalam dua  tahun ke depan akan tersedia di seluruh cabang. Untuk informasi lokasi charging station bisa menghubungi cabang Auto2000 terdekat.

Begini Cara Merawat Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Toyota

Servis Berkala Mudah dan Nyaman

Seluruh bengkel Auto2000 dapat melakukan servis berkala dan perbaikannya, termasuk urusan baterai dan motor listrik. Saat ini Auto2000 telah mempunyai 133 bengkel General Repair (GR), 24 bengkel Body & Paint (BP), dan 522 unit THS – Auto2000 Home Service. Artinya, pelanggan tidak perlu khawatir urusan after sales kendaraan elektrifikasi miliknya.

Urusan Toyota lebih mudah, mobil hybrid dan mobil listrik Toyota dilengkapi dengan layanan aftersales T-CARE yang semakin memberikan peace of mind kepada pelanggan. Bagi pelanggan yang memilikinya, sudah termasuk dalam program T-CARE yang merupakan program Gratis Biaya Servis (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 kilometer, mana yang tercapai lebih dahulu.

Selain itu, ada tambahan benefit berupa extended warranty 1 tahun / 20.000 km, jika pelanggan rutin melakukan servis berkala tepat waktu sesuai rekomendasi Auto2000.

Begini Cara Merawat Mobil Hybrid dan Mobil Listrik Toyota

Garansi Baterai Selama 8 Tahun / 160.000 Km

Dengan iklim tropis di Indonesia yang begitu menyita daya tahan baterai, timbul keraguan di masyarakat terkait kualitas baterai. Secara khusus, Toyota telah mengembangkan baterai, baik hybrid maupun listrik, yang memenuhi syarat penggunaan secara global sehingga dapat dioperasikan di belahan dunia manapun.

Sebagai bukti kualitas baterai kendaraan elektrifikasi Toyota dan memberikan peace of mind kepada pelanggan, Auto2000 memberikan garansi baterai penggerak motor listrik pada HEV dan BEV selama 8 tahun atau 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

KOMENTAR (0)