Bolehkah Gunakan Shampo Sebagai Air Wiper? ini Penjelasannya

Bolehkah Gunakan Shampo Sebagai Air Wiper? ini Penjelasannya

Beberapa hari terakhir hujan mulai turun kembali bahkan dengan debit air yang besar. Pada kondisi demikian, tentu AutoFamily yang memiliki mobilitas tinggi perlu mempersiapkan diri. Salah satu persiapan adalah mengecek kondisi wiper mobil yang menjadi andalan saat AutoFamily mengemudikan Toyota kesayangan di saat hujan. Selain kondisi wiper mobil yang perlu dijaga kualitasnya, air pembersih kaca depan atau air wiper juga perlu diperiksa.

Penting harus dicatat, tabung penampung air wiper jangan sampai kosong. Kondisi tersebut bisa mengganggu AutoFamily ketika mengemudikan kendaraan, terutama saat kaca depan terkena kotoran sehingga mengganggu visibilitas. Oleh sebab itu, sempatkanlah mengecek tabung penampung air wiper setidaknya seminggu sekali.

Bolehkah Gunakan Shampo Sebagai Air Wiper? ini Penjelasannya

Nah yang kemudian jadi banyak pertanyaan adalah, apakah boleh air wiper menggunakan cairan shampoo? Karena ada banyak pemilik mobil yang mencampurkan cairan shampo untuk rambut ke dalam air wiper, yang dianggap untuk mempermudah proses membersihkan kaca depan mobil.

Terkait hal ini, Auto2000 tidak merekomendasikan, karena dikhawatirkan shampo memiliki bahan deterjen atau pembersih yang tidak sesuai untuk dipakai pada kaca mobil. Selain itu, AutoFamily juga tidak dapat mengetahui kandungan zat lain di dalam shampo yang dapat bermasalah kalau terkena kaca mobil atau karet wiper.

Bolehkah Gunakan Shampo Sebagai Air Wiper? ini Penjelasannya

Efek negatif yang terjadi di antaranya adalah baret di kaca mobil lantaran terkikisnya lapisan kaca mobil oleh bahan shampo yang disapu oleh wiper. Dan munculnya efek pelangi atau bayangan di kaca mobil akibat tertinggalnya cairan shampo yang akan mengganggu visibilitas pengemudi.

Bagian kaca mobil yang tidak terkena sapuan wiper bakal timbul bercak bekas shampo sebagai awal terbentuknya water spot atau jamur kaca. Termasuk, cairan shampo menggumpal di dalam tabung atau selang sehingga membuat saluran mampat.

Bolehkah Gunakan Shampo Sebagai Air Wiper? ini Penjelasannya

Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 memberikan solusi pengganti shampo untuk pembersih kaca mobil dengan TMO Wiper Fluid. Tidak perlu repot, cukup tuangkan 1 botol wiper fluid ini tanpa perlu dicampur dengan air.

TMO Wiper Fluid mengandung formula Dirt Breaker yang dikembangkan dengan beberapa keuntungan, yaitu maximum driving visibility untuk kejernihan kaca depan mobil yang maksimal, incredible cleansing power dengan kemampuan formula pembersih ekstrem sekali sapuan, dan anti scratch atau anti-gores untuk tetap menjaga kaca mobil tetap bening.

Bolehkah Gunakan Shampo Sebagai Air Wiper? ini Penjelasannya

“Air wiper memiliki fungsi penting untuk menjaga kebersihan kaca depan mobil supaya daya pandang pengemudi tidak terganggu. Pilihlah air wiper yang memiliki  berbagai formula spesifik untuk menjaga kondisi kaca mobil Toyota kesayangan AutoFamily. Lebih mudah dengan membelinya di Auto2000 Digiroom,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

KOMENTAR (0)