Jokowi Naik Xmax di Pabrik Yamaha, Rayakan Ekspor 1,5 Juta Unit

Jokowi Naik Xmax di Pabrik Yamaha, Rayakan Ekspor 1,5 Juta Unit

Produk Yamaha Indonesia tidak hanya diminati konsumen Indonesia, ternyata diminati juga oleh konsumen di luar negeri. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) hingga kini terhitung sudah mencatatkan angka 1,5 juta motor Yamaha yang diekspor ke 45 negara.

Motor Yamaha rakitan Indonesia yang dimaksud adalah Xmax, Nmax, Lexi, Aerox, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, MX-King dan beberapa model  lainnya. Motor-motor Yamaha tersebut disebar ke 45 negara di 5 benua seperti Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Perancis dan negara-negara Asia, Afrika dan Australia.

Untuk merayakan prestasi angka ekspor tersebut YIMM menggelar “Pelepasan ke 1,5 Juta Ekspor Motor Yamaha” yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Pabrik Global YIMM, Pulo Gadung, Jakarta Timur, 3 Desember 2018.

Jokowi Naik Xmax di Pabrik Yamaha, Rayakan Ekspor 1,5 Juta Unit

Saat ini PT. YIMM secara khusus dipercaya oleh principal Yamaha Jepang  untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor Yamaha di pasar global. Melalui kerja nyata anak bangsa, Yamaha Indonesia bertransformasi menjadi pabrik eksportir terbesar di dunia dalam jajaran Yamaha Group dan juga terbesar di Industri Sepeda Motor Indonesia.

Pada tahun 2018 perkiraan ekspor Yamaha Indonesia mencapai 338.000 unit dan 5.300.000 CKD set atau naik 14,7 kali lipat dibanding dengan tahun 2014, dengan kandungan Lokal pada proses produksi sebesar 94% serta komposisi produksi untuk ekspor sebesar 25% dari produksi . Kinerja ekspor tersebut secara signifikan memberikan dampak positif bagi Ekonomi Indonesia  dengan mencatatkan surplus perdagangan sebesar USD 813,6 juta atau setara Rp 11,8 triliun.

Jokowi Naik Xmax di Pabrik Yamaha, Rayakan Ekspor 1,5 Juta Unit

“Pencapaian ekspor Yamaha Indonesia ini sangat membanggakan. Kami selalu berupaya untuk terus menjaga standard kualitas produk serta meningkatkan kegiatan ekspor untuk masa yang akan datang. Kami yakin Indonesia akan menjadi bagian penting produksi sepeda motor Yamaha untuk kebutuhan global.  Produk-produk Yamaha saat ini telah menjadi kebanggaan Indonesia yang mendunia” jelas Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Jokowi Naik Xmax di Pabrik Yamaha, Rayakan Ekspor 1,5 Juta Unit

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya juga mengatakan pendapatnya. “Saya senang karena ekspor tinggi tentu disusul juga oleh investasi besar nantinya. Lalu lokal konten motor Yamaha juga sudah mencapai 93-94 persen. Angka ini tinggi sekali. Ini yang kita cari,” jelasnya.

KOMENTAR (0)