David Brown Automotive Luncurkan Mobil Retro ‘Speedback’

David Brown Automotive Luncurkan Mobil Retro 'Speedback'

Baru-baru ini, automaker yang berbasis di Inggris, David Brown Automotive, memperkenalkan produk pertama mereka, Speedback, yaitu sebuah coupe retro yang terinspirasi dari Aston Martin GT tahun 1960-an dengan sasis Jaguar XKR.

Dilansir dari Inautonews, Speedback dijadwalkan untuk debut di Top Marques Show di Monaco pada 17-20 April mendatang. David Brown Speedback memiliki bodywork yang terbuat dari panel aluminium handmade dan interior yang dapat dipesan terlebih dahulu, sementara sasis dan powertrain-nya mengadopsi milik Jaguar XKR.

David Brown Automotive Luncurkan Mobil Retro 'Speedback'

“Karena kehandalan berkendara sangat penting, kami memilih untuk mengadopsi sasis yang telah terbukti dan diakui dunia sebagai yang terbaik; karena tak hanya memberikan kinerja yang dinamis, namun juga cocok untuk desain aluminium ringan produk kami. Terkenal untuk kinerja dan penanganan yang handal, XKR telah banyak dikembangkan dan disempurnakan oleh salah satu produsen mobil terbesar di dunia, menjadikannya pilihan yang tepat untuk menjadi platform mobil kami,” demikian David Brown dalam siaran persnya.

David Brown Automotive Luncurkan Mobil Retro 'Speedback'

Dengan demikian, ini berarti Speedback akan mengusung mesin V8 supercharged berkapasitas 5.0-liter yang mampu memproduksi tenaga 510 PS pada torsi 625 Nm. Dipadukan dengan gearboks otomatis 6-speed, mesin ini memungkinkan Speedback untuk melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,8 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 155 mph atau sekira 250 km/jam.

David Brown Automotive Luncurkan Mobil Retro 'Speedback'

Prototipe Speedback yang pertama telah dibangun oleh Envisage, sebuah perusahaan engineering berbasis di Warwick, Inggris, yang memiliki kontrak untuk beberapa produsen mobil ternama namun juga bersedia untuk membangun mobil-mobil coachbuilt dalam skala kecil.

David Brown Automotive Luncurkan Mobil Retro 'Speedback'

David Brown masih belum mau mengungkapkan harga mobil pertamanya ini, namun mengisyaratkan bahwa banderol Speedback akan berada diantara 100 ribu hingga 1 juta poundsterling, atau antara Rp 1,8 hingga 18 miliar. Brown juga berharap dapat memproduksi paling banyak 50 unit Speedback setiap tahunnya. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)