Franco Morbidelli Podium Pertama MotoGP San Marino

Franco Morbidelli Podium Pertama MotoGP San Marino

Franco Morbidelli berhasil menjuarai MotoGP San Marino 2020, sedangkan, posisi kedua ditempati oleh Francesco Bagnaia, disusul Joan Mir. Sedangkan Valentino Rossi harus puas finis di urutan keempat. GP San Marino yang merupakan seri keenam dari rangkaian jadwal MotoGP 2020 dilangsungkan di Sirkuit Misano, Rimini, pada Minggu, 13 September 2020.. Pada MotoGP San Marino kali ini, empat pebalap Yamaha menempati empat grid terdepan.

Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) yang tampil sebagai tercepat pada sesi kualifikasi memulai balapan dari posisi terdepan, diikuti duet Petronas Yamaha SRT yaitu Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo. Rekan Vinales di Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, melengkapi dominasi Yamaha pada sesi kualifikasi dengan menempati grid keempat.

Franco Morbidelli Podium Pertama MotoGP San Marino

Franco Morbidelli memulai balapan dengan sangat baik. Ia memimpin beberapa saat selepas start, di buntututi Valentino Rossi di posisi kedua. Sementara itu, Vinales berada di urutan ketiga, diikuti jack Miller. Morbidelli mempertahankan posisinya hingga memasuki Lap 2. Di belakangnya, Rossi terus memberikan tekanan. Miller merangsek ke urutan ketiga setelah ia sukses melibas Vinales.

Di posisi dua terdepan, Morbidelli dan Rossi terlibat duel sengit dengan jarak hanya 0,3 detik. Lap 7, Vinales kehilangan posisi keempat setelah ia disalip Fabio Quartararo. Namun setelah itu, Quartararo terjatuh di Tikungan 4 sehingga Vinales kembali ke urutan empat. Meski demikian, Quartararo mampu melanjutkan balapan. Memasuki Lap 10, posisi Vinales kian melorot setelah berturut-turut diasapi Alex Rins dan Francesco Bagnaia. Adapun, Morbidelli masih memimpin lomba dengan Rossi terus membuntutinya di posisi kedua.

Franco Morbidelli Podium Pertama MotoGP San Marino

Lap 12, Morbidelli mulai bisa memperlebar jarak dengan Rossi menjadi 0,7 detik. Pada Lap 14, Rins menyodok ke urutan ketiga seusai menaklukkan Miller. Rins benar-benar menunjukkan tajinya pada balapan MotoGP San Marino. Pebalap Suzuki itu mulai mengancam posisi Valentino Rossi ketika lomba menyisakan 13 lap lagi. Di posisi terdepan, Morbidelli konsisten menjaga jaraknya di depan Rossi, bahkan mencapai 2 detik ketika masuk Lap 18.

Ketika lomba menyisakan tujuh lap, Quartararo kembali terjatuh. Kali ini, ia tak bisa melanjutkan balapan. Perebutan posisi tiga besar kian sengit setelah Rossi kehilangan posisi kedua usai disalip Rins dan Bagnaia. Akan tetapi, The Doctor bisa merebut posisi ketiga dari Rins pada Lap 22.

Franco Morbidelli Podium Pertama MotoGP San Marino

Duel untuk posisi kedua semakin memanas ketika balapan menyisakan lima lap. Bagnaia, Rossi, dan Rins berduel sengit memperebutkan posisi kedua. Di posisi terdepan, Morbidelli semakin jauh meninggalkan lawan-lawannya. Franco Morbidelli akhirnya bisa memenangi balapan MotoGP San Marino 2020 dengan total waktu 42 menit 2,272 detik. Adapun, posisi kedua menjadi milik Francesco Bagnaia. Sedangkan Valentino Rossi harus puas finis di urutan keempat setelah ia disalip Joan Mir pada lap terakhir.

KOMENTAR (0)