Fuel Pump Bermasalah, Honda juga Terpaksa Recall Mobil-mobilnya

Fuel Pump Bermasalah, Honda juga Terpaksa Recall Mobil-mobilnya

Bukan hanya Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina saja yang harus terkena recall (penarikan) terkait kerusakan fuel pump (pompa bahan bakar). Honda juga mengalami nasib yang sama karena mereka terpaksa harus me-recall beberapa mobilnya.

Dikutip OtoBlitz.net dari Paultan, Selasa (23/6), Honda Malaysia mengumumkan kampanye perbaikan atau recall sebanyak 55.354 unit mobil Honda dengan berbagai model. Kampanye recall ini untuk mengganti pompa bahan bakar atau fuel pump sebagai tindakan pencegahan. Sebelumnya, Honda mengumumkan recall terhadap 1,4 juta unit mobil secara global karena masalah fuel pump.

Beberapa mobil Honda yang terkena dampak tersebut antara lain, Honda Accord 2018, Honda BR-V 2018, Honda City 2019, Honda City (HEV) 2019, Honda Civid 2018, Honda CR-V 2018 dan 2019, Honda HR-V 2018, Honda HR-V (HEV) 2018, Honda Jazz 2019 serta Honda Jazz (HEV) 2019.

Disebutkan juga bahwa mobil Honda yang terpengaruh recall itu adalah unit produksi antara 2018-2019. Honda Malaysia menyebut mobil yang diproduksi 2020 tidak terpengaruh pada kampanye recall ini.

Sebagai informasi, di Amerika Serikat, Honda me-recall 135.057 unit mobil Honda dan Acura. Dilaporkan, pompa bahan bakar yang dipasok oleh Denso berpotensi rusak. Honda Filipina juga memanggil pemilik mobil Honda Accord, Honda BR-V, Honda Mobilio, Honda City, Honda Civic, Honda Jazz, Honda HR-V hingga Honda CR-V lansiran 2018-2019. Masalahnya sama, pompa bahan bakar yang berpotensi rusak.

Langkah recall ini dilakukan Honda untuk mengatasi kemungkinan hilangnya tenaga mesin atau mobil yang tidak bisa dinyalakan karena pompa bahan bakar yang rusak. Sedangkan sampai saat ini, tidak ada kasus kecelakaan atau cedera yang dilaporkan disebabkan oleh masalah ini di Malaysia.

Sementara untuk saat ini belum ada informasi resmi dari PT Honda Prospect Motor (HPM) terkait kemungkinan mobil-mobil Honda yang dipasarkan mengalami hal yang sama.

KOMENTAR (0)