Ini Cara Mengeringkan Helm Setelah Terkena Hujan

Ini Cara Mengeringkan Helm Setelah Terkena Hujan

Kondisi cuaca hujan saat ini harus dihadapi para bikers salah satunya dengan tetap menjaga kebersihan helm. Akibat terlalu sering berkendara saat hujan biasanya membuat tingkat kenyamanan memakai helm berkurang.

Bagian interior atau busa bagian dalam kerap basah juga akibat air hujan masuk ke dalam. Solusinya, helm harus segera dikeringkan agar tetap nyaman saat digunakan.

Dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, dianjurkan untuk tidak membiarkannya kering dengan sendirinya karena bisa membuat pelengkap berkendara tersebut lebih cepat habis masa pakainya. Selain itu helm yang dibiarkan basah dalam waktu yang lama berisiko menjadi tempat bertumbuhnya jamur.

Bagaimana cara mengeringkan helm?

Berikut caranya:

  • Sebelum menjemur helm, bagian busa dicuci terlebih dahulu.
  • Rendam dengan air panas, kira-kira 70-80 derajat Celcius.
  • Pakai sabun yang tidak mengandung deterjen, contohnya sabun cair untuk kain batik.
  • Saat helm sudah kering, ada baiknya jika Anda melakukan pencucian kembali untuk mendapatkan hasil optimal. Hal ini berguna supaya helm tidak bau dan membersihkan jamur secara merata.

Bagaimana, tidak sulit bukan untuk melakukan tips di atas? Selamat mencoba dan selain memperhatikan kondisi helm, jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kondisi sepeda motor kesayangan Anda. Lakukanlah servis berkala agar sepeda motor selalu dalam kondisi prima dan siap untuk dikendarai dalam cuaca apapun, termasuk saat musim hujan saat ini.

 

KOMENTAR (0)