Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail!

Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail!

McLaren F1 adalah salah satu supercar paling legendaris yang pernah dibuat. Tak ada yang sanggup menandingi bagaimana model F1 yang ganas dan saudara kembar versi balapnya, F1 GTR bertarung di awal tahun 90’an. Hypercar ini merupakan varian terbatas McLaren yang hanya dibangun sebanyak 104 unit, bahkan untuk model F1 GTR lebih langka lagi karena hanya dibangun sebanyak 26 unit dan untuk varian GTR “Longtail” masih lebih langka lagi dan hanya dibuat sebanyak 10 unit saja. Percayalah, di zamannya, mobil balap ini sama kerennya dengan McLaren Senna yang hanya dibangun sebanyak 500 unit.

Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail!

Dibangun dari basis sebuah F1 versi jalan raya, model F1 GTR menjadi pahlawan tangguh dalam serangkaian balapan termasuk ajang 24 Hours Le Mans. Meskipun kodratnya hanyalah sebuah mobil jalanan yang dimodifikasi khusus menjadi sebuah mobil balap, F1 GTR berhasil memenangkan lomba dan membawa pulang kemenangan dan menjadikan McLaren sebagai divisi konstruktor pertama yang berhasil menang di ajang F1, Indy 500, dan Le Mans. Untuk musim balap tahun 97, McLaren mulai mengembangkan model Longtail, F1 GTR versi modifikasi yang dibuat khusus untuk balap Le Mans dan menjadi rival berat bagi Porsche 911 GT1 dan Mercedes CLK-GTR. Nama Longtail ini pun diambil dari ukuran bodywork belakang yang lebih panjang, untuk meningkatkan aerodinamika GTR.

Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail!

Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail! Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail! Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail!

Sejatinya model F1 dan versi GTR nya sangat dikagumi dan menjadi salah satu mobil balap dengan performa mesin terbaik yang pernah dibuat, sehingga membuat nama Longtail kembali diandalkan untuk digunakan pada jajaran McLaren versi jalan raya lainnya, seperti nama julukan Longtail versi McLaren 765 LT. Mesin mid-engine yang disematkan berasal dari campur tangan BMW yaitu mesin 6.1-liter V12 BMW S70/2 naturally-aspirated berkapasitas 6,064 cc dengan hantaran tenaga 592 hp melalui girboks sekuensial X-trac 6-speed.

Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail! Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail!   Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail!

Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail! Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail!

Kini, beredar kabar jika hypercar GTR Longtail ini berada di dalam garasi Tom Hartley Jnr, salah satu dealer berkelas yang menjual mobil-mobil impian para kolektor. Ini adalah mobil produksi pertama yang  dilengkapi dengan sejarah balap dan menjadi Longtail pertama yang dikembangkan untuk melahirkan 9 unit lainnya, dan mobil ini adalah salah satu mobil dari hanya dua unit yang akan dikonversi menjadi versi legal untuk jalan raya. Varian kedua yang siap menjadi versi jalan raya dimiliki oleh drummer dari band progressive Pink Floyd, Nick Mason. Para pemiliknya pasti akan sangat gembira, karena mobil ini juga dilengkapi perangkat kit versi full-race jika mereka menginginkan mobil ini siap bertarung kembali di sirkuit.

Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail!

Bisa dikatakan jika mobil ini ibarat harta karun bagi para milyader manapun untuk memilikinya. Siapapun yang beruntung, tentunya akan merasa sangat bangga bisa memiliki hypercar ikonik seperti ini untuk  digunakan di jalan raya maupun di sirkuit. Jika harga satu unit McLaren F1 standar saja berada di angka USD 15 juta dengan konversi terkini sekitar 247 milyar, maka jangan terkejut jika untuk versi f1 GTR Longtail seperti ini akan ditawarkan dengan harga dua kali lipat dari model F1 biasa. Anda tertarik?

Hanya Ada 10 Unit Di Dunia, Inilah McLaren F1 GTR Longtail!

KOMENTAR (0)