Setelah Sentul, F4/SEA Championship 2016 Kembali ke Sepang

Setelah Sentul, F4/SEA Championship 2016 Kembali ke Sepang

Setelah berkunjung ke Filipina pada bulan Oktober dan Indonesia pada bulan November lalu, ajang Formula 4 South East Asia Championship (F4/SEA) 2016 yang disertifikasi oleh FIA pada bulan Desember ini akan kembali ke Sirkuit Internasional Sepang di Malaysia. Pada ronde keempat dari musim perdana F4/SEA ini, enam balapan akan digelar dari tanggal 8 hingga 10 Desember mendatang.

Sudah menjadi tuan rumah dari berbagai kompetisi balap kelas dunia, Ronde 4 dari Kejuaraan F4/SEA di Sepang ini menjadi ajang pembuktian bagi para pebalap Malaysia. Salah satunya adalah pebalap berusia 15 tahun, Isyraf Danish (MAS, Mobil #19), yang berharap dapat memaksimalkan keuntungannya sebagai pebalap tuan rumah.

Setelah Sentul, F4/SEA Championship 2016 Kembali ke Sepang

Pada F4/SEA ronde sebelumnya yang digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Indonesia, pebalap muda ini mampu tampil impresif dengan mencetak dua raihan podium.

Peter Thompson, Chairman Triple A mengatakan, setelah menyelesaikan dua ronde yang sukses di Clark International Speedway di Filipina pada bulan Oktober lalu, dan kemudian diikuti oleh ronde ketiga di Sirkuit Internasional Sentul di Indonesia pada bulan November lalu, ia senang dapat kembali ke Sepang pada bulan Desember ini.

Setelah Sentul, F4/SEA Championship 2016 Kembali ke Sepang

“Sepang menjadi tempat musim ini pertama kali dimulai pada bulan Agustus lalu. Kami selalu menikmati dukungan luar biasa yang diberikan oleh sirkuit itu, terutama terkait dengan usaha kami yang ingin memajukan ekosistem olahraga balap di Asia,” kata Peter dalam keterangan resminya yang diterima Otoblitzclassic, Selasa (6/12).

Sementara Firhat Mokhzani, Managing Director Triple A mengungkapkan, pihaknya senang dapat kembali ke Sepang setelah berhasil menyelenggarakan ronde yang sukses di Clark Speedway (Filipina) dan Sentul (Indonesia). “Kami sangat antusias dengan prospek balapan-balapan seru di ronde Sepang, terutama saat banyak pebalap yang telah mengenal karakteristik sirkuit ini dengan baik,” ujar Firhat.

Setelah Sentul, F4/SEA Championship 2016 Kembali ke Sepang

“Banyak pebalap kami yang telah berkembang sejak bulan Agustus lalu, jadi kita akan melihat kompetisi dengan tingkat persaingan yang tinggi, dan aksi-aksi yang seru,” ungkapnya. Program ronde keempat ini akan dimulai dengan sesi latihan, kualifikasi, dan Race 1 yang akan digelar pada hari Kamis, 8 Desember. Sisa lima dari enam balapan pekan ini akan digelar pada hari Jumat dan Sabtu.

Trofi penghargaan Star Driver akan diberikan kepada pebalap yang mencetak poin terbanyak di akhir pekan, sehingga para peserta akan terus bersaing untuk mengalahkan rival-rival mereka pada enam balapan yang akan digelar di sepanjang akhir pekan. Pemberian poin di kejuaraan F4/SEA selaras mengikuti sistem poin F1, di mana nantinya para peserta juga akan mendapat poin Super License yang sangat bernilai di akhir musim.

Setelah Sentul, F4/SEA Championship 2016 Kembali ke Sepang

Kejuaraan F4/SEA yang disertifikasi oleh FIA dan dioperasikan secara tunggal adalah salah satu dari 12 kejuaraan dunia dalam format global F4 FIA. Ajang F4/SEA sendiri secara khusus dirancang untuk membantu dan mengembangkan bakat-bakat muda motorsport di Asia melalui program dengan biaya yang efisien. **MS/ Foto-foto: Agus Budi

TAGS

KOMENTAR (0)