SUV Mewah Genesis GV80 Resmi Diluncurkan

SUV Mewah Genesis GV80 Resmi Diluncurkan

Genesis GV80 akhirnya resmi diluncurkan di Korea Selatan sebagai SUV pertama perusahaan, setelah berbagai rumor dan gambar yang merebak di media online sejak beberapa minggu lalu. Model ini akan bergabung dengan G70, G80, dan G90 yang menjadi line-up Genesis saat ini.

Genesis GV80 pertama kali diperkenalkan sebagai konsep pada tahun 2017 silam. Yang mengejutkan banyak orang, SUV versi produksinya ini tampak cukup setia dengan desain konsep awalnya. Dilihat dari depan, mustahil untuk mengabaikan grille depan berbentuk segitiga dan ‘Quad Lamps’ dari konsep tersebut, meskipun ukurannya sedikit diperbesar untuk versi produksinya. Perusahaan asal Korea ini juga mengatakan desain fascia depan SUV mewah ini juga terinspirasi dari bentuk logo perusahaan.

SUV Mewah Genesis GV80 Resmi Diluncurkan

Menilik bagian eksterior, tampak potongan besar pada lengkungan roda depan serta sepasang garis tajam yang membentang di sepanjang pintu dan terus sampai ke sisinya. Jendela samping belakang yang runcing seperti konsepnya juga sangat mencolok, seperti halnya velg ukuran 22-inci yang diusungnya.

SUV Mewah Genesis GV80 Resmi Diluncurkan

Di bagian belakang, GV80 dibekali lampu belakang split mirip dengan lampu depan, spoiler kecil yang membentang dari atap, dan spoiler berbibir halus pada tutup bagasi. Ada juga tulisan ‘Genesis‘ ukuran besar di antara kedua lampu belakang. Sebagian besar panel bodi, termasuk pintu, kap, dan tailgate terbuat dari bahan aluminium ringan.

SUV Mewah Genesis GV80 Resmi Diluncurkan

Sedangkan untuk interior, desainer Genesis jelas mencoba untuk tetap setia pada konsep dan telah menyematkan roda kemudi palang-dua berbalut kulit dan kluster instrumen digital. Tak lupa disematkan pula layar infotainment lebar berukuran 14.5-inci yang ditempatkan pada dashboard. Layar ini dapat dikontrol melalui panel kontrol pada konsol tengah yang mencakup sistem pengenalan tulisan tangan yang memungkinkan pengguna untuk menuliskan nama tujuan, misalnya. Mobil juga dibekali dengan sunroof dan atap panoramic view.

SUV Mewah Genesis GV80 Resmi Diluncurkan

Produsen otomotif Korea ini juga melengkapi SUV mewahnya ini dengan 10 airbag sebagai standar pabrikan, termasuk airbag sisi tengah kursi depan yang bertujuan mengurangi cedera kepala dalam kecelakaan atau tabrakan dari arah sisi kiri/kanan kendaraan. Fitur keselamatan utama lainnya dari GV80 termasuk Smart Cruise Control, Front Collision Avoidance Assistance, Rear Side Collision Avoidance Assistance, Highway Assist System, hingga Driver’s Attention Warning.

SUV Mewah Genesis GV80 Resmi Diluncurkan

Sepotong teknologi mengesankan lain yang ditemukan pada Genesis GV80 adalah sistem ‘Electronically Controlled Suspension with Road Preview’ yang menggunakan kamera depan untuk menganalisis permukaan jalan dan menyesuaikan suspensinya. Ada juga sistem Rear Cross-Traffic Collision Avoidance Assist serta Parking Collision Avoidance Assist.

SUV Mewah Genesis GV80 Resmi Diluncurkan

Di Korea Selatan, GV80 akan ditawarkan dengan mesin enam silinder turbo-diesel berkapasitas 3.0-liter yang mampu menghasilkan tenaga 274 hp dengan torsi 434-ft.lbs (589 Nm), dipadukan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Dua mesin bensin juga akan tersedia tergantung pada pasar. Mesin bensin dasar adalah mesin empat silinder turbocharged berkapasitas 2.5-liter berkekuatan 300 hp dengan torsi 311-ft.lbs (422 Nm), sementara versi tertinggi dibekali mesin V6 turbocharged berkapasitas 3.5-liter dengan output daya 375 hp pada torsi 390-ft.lbs (530 Nm).

SUV Mewah Genesis GV80 Resmi Diluncurkan

Genesis GV80 juga ditawarkan dalam konfigurasi penggerak roda belakang sebagai standar, dengan penggerak all-wheel drive sebagai opsi. SUV mewah ini akan mulai dijual di Korea Selatan mulai akhir bulan, dengan debut Amerika Utara dijadwalkan pada akhir tahun ini. **MS

KOMENTAR (0)