TAM Kirim Pemenang Toyota Eco Youth 10 ke Jepang

 

TAM Kirim Pemenang Toyota Eco Youth 10 ke Jepang

SMK PGRI Telagasari, Karawang, Jawa Barat, sebagai peraih gelar ‘Best of The Best‘ dalam kompetisi lingkungan hidup Toyota Eco Youth (TEY) ke-10 telah bertolak ke Tokyo, Jepang, atas undangan dari Toyota Indonesia untuk mengikuti Eco Education Trip.

Tim yang terdiri dari dua orang siswa bernama Taupik Jamaludin dan Alan Maulana serta satu orang guru pendamping bernama Yayan Sopyanudin, mengikuti kegiatan di ‘Negeri Sakura’ tersebut pada 3-9 Februari 2017 lalu.

TAM Kirim Pemenang Toyota Eco Youth 10 ke Jepang

Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa aktivitas ini merupakan bagian dari apresiasi Toyota Indonesia kepada para pemenang TEY, sekaligus untuk memberi kesempatan kepada mereka untuk menambah pengetahuan, khususnya di bidang lingkungan hidup.

Selama di Jepang, para siswa dan guru ini tidak hanya mengunjungi berbagai tempat wisata dan kebudayaan Jepang, melainkan juga memperluas wawasan mereka mengenai lingkungan dan teknologi otomotif Toyota di Toyota Shirakawa-go Eco Institute, salah satu situs pelestarian budaya dan lingkungan yang dikelola oleh Toyota Motor Corporation.

TAM Kirim Pemenang Toyota Eco Youth 10 ke Jepang

“Semoga melalui Eco Education Trip ini, para siswa dan guru pendamping dari SMK PGRI Karawang mendapatkan wawasan yang tidak hanya berkaitan dengan lingkungan dan teknologi otomotif, melainkan juga nilai-nilai positif dari sosial budaya negara Jepang,” ujar Henry Tanoto dalam rilisnya yang diterima Otoblitzclassic, Selasa (14/2).

Tim SMK PGRI Telagasari, Karawang, berhasil meraih predikat ‘Best of The Best‘ setelah proyek mereka untuk kategori Science dengan proposal berjudul “Generator Electrical Circulatory System 750 Watt” berhasil mengalahkan total 2.534 proposal yang masuk ke panitia TEY ke-10, yang berasal dari kategori Science and Social.

TAM Kirim Pemenang Toyota Eco Youth 10 ke Jepang

Pada pengumuman pemenang TEY ke-10 yang diselenggarakan Desember 2016 lalu, mereka berhasil mendapat penilaian tertinggi dari tim juri yang terdiri dari pakar lingkungan hidup, pakar pendidikan, pakar media sosial, serta tim dari Toyota Indonesia. Proposal siswa SMK PGRI Telagasari Karawang ini membahas tentang distribusi listrik di daerah Telagasari yang sudah dapat dinikmati oleh 90% masyarakat, namun di sekolah tersebut masih sering terjadi padam listrik.

“Generasi muda Indonesia kaya akan ide-ide lingkungan kreatif dan inovatif yang nantinya akan memperkaya serta meningkatkan daya saing bangsa Indonesia. Kami sangat senang dapat memfasilitasi adik-adik SMK PGRI Telagasari melakukan studi banding ke Jepang. Kami yakin ilmu dan pengalaman yang diperoleh akan diimplementasikan untuk menciptakan hasil karya yang dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia yang lebih luas, dalam meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan,” ujar Vice President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono.

TAM Kirim Pemenang Toyota Eco Youth 10 ke Jepang

Toyota Eco Youth (TEY) adalah bagian dari implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) Toyota Indonesia yang sudah digelar setiap tahun sejak 2005. TEY merupakan kompetensi proyek lingkungan hidup untuk generasi muda di tingkat pendidikan menengan atas yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian mereka terhadap lingkungan. Dari tahun ke tahun, animo untuk mengikuti TEY terus meningkat, dan seiring dengan itu kualitas lomba juga terus ditingkatkan. **MS/ Foto-foto: Dok. TAM

TAGS

KOMENTAR (0)