Vyrus Luncurkan Alyen 988, Esensi Konsep Artistik Dari Dunia Lain

Vyrus Luncurkan Alyen 988, Esensi Konsep Artistik Dari Dunia Lain

Produsen motor Italia Vyrus, pernah memproduksi motor paling kuat di dunia, 987 C3 4V. Motor ini ditenagai oleh mesin V-twin berkapasitas 1.198 cc supercharged Ducati yang diklaim memiliki kekuatan 211 hp. Sepuluh tahun kemudian, Vyrus kembali membuat beberapa sepeda motor yang paling mencolok dan paling kuat di pasar, dan terus menggunakan mesin Ducati, salah satunya Vyrus Alyen 988 terbaru yang menjadi kreasi terliar perusahaan ini. Meski belum mengumumkan harga resmi, Alyen akan dijual sekitar US$ 90.000 atau setara Rp 1,4 miliar (kurs $1 =.Rp 16,063).

Vyrus Luncurkan Alyen 988, Esensi Konsep Artistik Dari Dunia Lain

Vyrus kembali membuat superbike futuristik berwajah garang. Superbike ini dibangun di atas kerangka magnesium double omega yang disematkan mesin 1.285 cc, L-Twin yang diadopsi dari Ducati Panigale. Desain Alyen 988 ini mengingatkan karakter motor di film Robocop versi terakhir. Secara keseluruhan, eksterornya terlihat sangat agresif dengan permainan garis tegas lewat sudut-sudut tajam di sekujur jubahnya. Panel komponen terbalut serat karbon dan seluruh bagian detail dikerjakan oleh para desainer pabrikan yang berbasis di Coriano, Italia. Untuk kekuatannya berasal dari mesin Ducati Panigale versi lama dengan konfigurasi mesin L-Twin yang mampu menghasilkan tenaga 205 hp di 10.500 rpm. Dikawinkan dengan gearbox 6-kecepatan dengan kopling basah.

Vyrus Luncurkan Alyen 988, Esensi Konsep Artistik Dari Dunia Lain

Untuk handling, suspensinya mengandalkan buatan Vyrus dengan pengaturan pushrod ganda yang dirancang di bagian depan dan belakang, sementara pengendalian menggunakan model hub-steering serta konfigurasi peredam kejut yang disebut Hydraulic Wired Steering System. Peranti ini memang sudah melekat dengan pabrikan motor asal Italia, Bimota. Cukup membantu dalam hal stabilitas dan membuat motor lebih gesit di tikungan, serta mengurangi bobot saat pengereman. Komponen ini dirancang oleh Project Leader Vyrus, Ascanio Rodorigo yang pada awalnya dikhususkan untuk Bimota Tesi 2D pada 2004. Ia juga pernah bekerja di bawah kepemimpinan Massimo Tamburini, seorang perancang sepeda motor asal Italia untuk Cagiva, Ducati, MV Agusta, dan salah satu pendiri Bimota.

Vyrus Luncurkan Alyen 988, Esensi Konsep Artistik Dari Dunia Lain

Untuk sistem gas buang dirancang sendiri oleh Vyrus, dinamakan 982 M2. Ditempatkan persis di bawah jok dan dipisah menjadi dua bagian. Masing-masing dibuat lancip hingga menyerupai bodi belakang. Sektor pengereman dipercayakan pada Brembo GP4, dan suspensi belakang model Push Rod Twin Pivot.  Keempat velg nya menggunakan produk Bullet dari Rotobox yang terbuat dari material serat karbon dan terbalut ban depan 120/70 ZR17, sedangkan ban belakang 200/60 ZR17.

Vyrus Luncurkan Alyen 988, Esensi Konsep Artistik Dari Dunia Lain

Vyrus menyatakan jika divisinya berfungsi sebagai bengkel inovatif yang membangun superbike berteknologi tinggi. Perusahaan ini memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dan berpusat di Rimini, Italia, yang terletak di sebelah timur Florence di pantai Laut Adriatik. Vyrus bangga menggunakan bahan berkualitas tinggi dan desain fungsional, namun tetap mengutamakan sisi artistiknya untuk Alyen. Hingga kini belum ada informasi dari Vyrus tentang berapa unit Alyen 988 yang akan diproduksi, kemungkinan motor seram ini akan dibangun dengan jumlah edisi terbatas.

 

 

 

 

 

KOMENTAR (0)