Ngopi di MINI KOPI Sembari ‘Test Drive’ Hyundai KONA dan IONIQ

Ngopi di MINI KOPI Sembari 'Test Drive' Hyundai KONA dan IONIQ

Indonesia sudah mulai melangkah menuju era elektrifikasi atau kendaraan listrik berbasis baterai, setelah Peraturan Presiden (Perpres) tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan diterbitkan.

Namun, dengan melandanya pandemi Covid-19 di seluruh dunia, sosialisasi dan juga pemasaran kendaraan listrik ini mengalami kendala. Berbagai cara pun dilakukan oleh pabrikan-pabrikan mobil melalui prinsipal dan juga jaringan dilernya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh PT Andalan Auto Prima (Hyundai Andalan Pancoran) yang menggelar test drive dua kendaraan listrik terbaru Hyundai, yaitu KONA dan IONIQ. Ada yang berbeda pada drive yang dilakukan Hyundai Andalan Pancoran. Biasanya test drive digelar saat pameran ataupun di sebuah mall, namun kali ini mereka menggelarnya secara berbeda, yaitu disebuah Coffee Shop ‘MINI Kopi’.

Ngopi di MINI KOPI Sembari 'Test Drive' Hyundai KONA dan IONIQ

Raynaldi Setiawan, Managing Director Hyundai Andalan PT Andalan Auto Prima mengatakan, mobil listrik ini kan tergolong masih baru, apalagi KONA dan IONIQ yang baru diluncurkan bulan November lalu. Jadi, kita juga harus memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat mengenai kendaraan listrik, terutama produk Hyundai ini.

“Mengenai pemilihan tempat di MINI KOPI ini sendiri dikarenakan saya melihat setiap akhir pekan selalu banyak komunitas-komunitas, mulai sepeda, motor, mobil yang datang untuk ngopi sembari berdiskusi. Jadi, saya pikir disini merupakan salah satu tempat yang cocok untuk memperkenalkan dua produk baru Hyundai ini,” kata Ray saat ditemui Otoblitz.net di KOPI MINI, Jakarta, Minggu (29/11).

Sementara Jay Kontesa, Operation Director PT Andalan Auto Prima mengungkapkan, dulu masyarakat kita hanya memiliki dua pilihan antara mobil bermesin bensin atau diesel. Kemudian muncul kendaraan bermesin hybrid yang menggunakan penggabungan manfaat dari bensin dan motor listrik tenaga baterai.

“Untuk mobil Hyundai KONA dan IONIQ yang bertenaga listrik murni ini mungkin masih banyak masyarakat yang belum terlalu memahaminya. Maka untuk itu, kita sebagai jaringan diler resmi Hyundai wajib untuk mensosialisasikan dua kendaraan tersebut dimana dan kepada siapa saja. Dan kebetulan kali ini kita pilih MINI KOPI yang banyak didatangi oleh berbagai komunitas,” ungkap Jay.

Ngopi di MINI KOPI Sembari 'Test Drive' Hyundai KONA dan IONIQ

Hyundai IONIQ Electric

Dirancang futuristik dan ergonomis. Dilengkapi teknologi mutakhir, pengendara akan dibuat menyenangkan, aman, dan nyaman sehingga cocok untuk masyarakat perkotaan. Floating grill dengan lampu khas unik dari lampu depan LED ke DRL, menekankan citra futuristik mobil ini.

Powertrain dari Ioniq Electric menggunakan motor listrik bermagnet permanen yang cukup efisien, sebesar 100 kW (136 PS) yang dipasok baterai lithium ion 38,3 kWh. Motor mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan, dan ber akselerasi 0-100 m dalam 9,9 detik.

Ngopi di MINI KOPI Sembari 'Test Drive' Hyundai KONA dan IONIQ

Menurut Hyundai, jarak tempuh Ioniq Electric mencapai 373 km (berdasarkan NEDC) dan 311 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80 persen dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW.

Untuk saat ini, Hyundai Ioniq Electric hadir dalam 2 tipe, Prime dihargai Rp 624,8 juta dan Signature Rp 664,8 juta (OTR Jakarta), dengan empat pilihan warna eksterior; Polar White, Fluidic Metal, Phantom Black, Fiery Red.

Ngopi di MINI KOPI Sembari 'Test Drive' Hyundai KONA dan IONIQ

Hyundai KONA Electric

Mobil listrik Hyundai Kona Electric memiliki bentuk dan kontur sporty dengan tampilan modern. Dengan jarak sumbu roda yang panjang, dan overhang pendek, bisa memastikan penanganan dan kontrol manuver yang gesit. Selain itu juga memberikan stabilitas berkendara saat melaju.

Ruang interiornya dirancang untuk penyimpanan serbaguna. Split-folding rear seats-nya juga dapat dilipat rata yang membuat ruang vertikal tambahan dan memberikan ruang untuk peralatan rekreasi sehingga dapat menampung hingga 1,114 liter.

Ngopi di MINI KOPI Sembari 'Test Drive' Hyundai KONA dan IONIQ

Mobil ini juga memakai motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 100 kW (136PS) yang disuplai baterai lithium ion 39,2 kWh. Motor dapat mengembangkan torsi 395Nm yang didistribusikan ke roda depan.

Jarak tempuh Kona Electric mencapai 345 km (berdasarkan NEDC) dan 289 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya. Sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan gaya hidup pemiliknya.

Pengisian daya penuh mobil listrik Hyundai Kona dapat dicapai dalam 54 menit dengan pengisian cepat (pengisian nol hingga 80 persen @ 100 kW). Kona Electric tersedia dalam warna Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulse Red, dengan harga Rp 674,8 juta (OTR Jakarta dan untuk kepemilikan mobil pertama).

KOMENTAR (1)

  1. Andri
    30 November 2020

    Keren