VinFast President, SUV Mewah Asal Vietnam

VinFast President, SUV Mewah Asal Vietnam

Dalam waktu 45 tahun setelah Perang Vietnam berakhir pada tahun 1975,  Vietnam sudah punya  industri otomotif yang  mampu  melakukan lompatan sangat jauh ke depan. Bukan sekadar berjualan di dalam negeri, industri otomotif Vietnam berambisi menjual hasil produksinya untuk pasar global. Nah, VinFast adalah industri otomotif Vietnam yang baru-baru ini merilis mobil paling kencang, paling mahal dan paling mewah;  VinFast President. Hanya diproduksi sebanyak  500 unit saja, harga  per unit VinFast President mencapai  US$ 164.000. Semahal itu? Ya betul, memang mahal untuk sebuah SUV yang diproduksi oleh pabrikan otomotif “kemarin sore” karena VinFast membuat mobil mulai tahun 2019. Yakin saja, banyak yang geleng-geleng kepala setelah tahu  VinFast President dibuat secara eksklusif untuk pasar  Vietnam. Makanya, sejumlah kalangan menilai VinFast President dibuat sebagai langkah “unjuk gigi” bahwa industri otomotif Vietnam bukan sekadar industri tukang jahit. Apalagi, VinFast punya dukungan yang sangat kuat dari Pham Nhat Vuong, orang paling kaya di seluruh  Vietnam yang berambisi untuk mengekspor mobil ke Amerika Serikat, Eropa dan Rusia.

VinFast President, SUV Mewah Asal Vietnam VinFast President, SUV Mewah Asal Vietnam VinFast President, SUV Mewah Asal Vietnam

Boleh disebut, VinFast adalah pabrikan otomotif Vietnam pertama yang memproduksi mobil secara mandiri dalam artian semua komponen dibuat di dalam negeri. Jadi berbeda dengan pabrikan mobil lain di Vietnam yang menjahit komponen impor. Sebagai contoh, VinFast memproduksi  sedan Lux A2.0 dan SUV Lux SA2.0 berbekal teknologi milik  BMW dan Bosch, sedangkan city car  Fadil dibuat berdasarkan lisensi  General Motors.  Secara teknis, VinFast  President memakai platform  Lux SA2.0 yang mengadaptasi  platform  BMW X5 F15. Terkait mesin, VinFast President memakai mesin  GM V8  6,2 liter dengan 420 hp dan  624 Nm. Output mesin disalurkan menuju semua roda oleh sistem AWD full-time melalui  transmisi otomatis 8-speed. Performanya? VinFast mengklaim President sepanjang 5.146 mm itu mampu berlari  0-100 km/jam dalam  6,8 detik dan mencapai  top speed  300 km/jam. Sejatinya,  VinFast President dikembangkan dari prototipe  Lux V8 yang tampil dalam gelaran   Geneva Motor Show 2019. Secara umum terlihat beberapa perbedaan antara versi produksi dan prototipe. Contohnya,  vented hood, copper exterior trim, velg baru,  konsol tengah model baru dengan  layar sentuh 12,3 inci, material lebih mewah (natural wood veneer) dan  upholstery berlapis kulit.

 

 

KOMENTAR (0)