Badge dan  Logo Merek Mobil ; Sarat Kisah Inspiratif

Badge dan  Logo Merek Mobil ; Sarat Kisah Inspiratif

Badge dan logo adalah cermin identitas sebuah merek. Tidak heran kalau sebuah merek rela menghabiskan banyak uang demi mendapatkan badge dan logo yang paling mewakili semangat produk tersebut.  Pada sisi lain, badge dan logo harus menarik dan mudah diingat. Dan inilah kisah-kisah menarik dan inspiratif di balik badge dan logo tersebut.

Badge dan  Logo Merek Mobil ; Sarat Kisah Inspiratif

Cadillac

Badge  Cadillac sudah mengalami perubahan sebanyak  30 variasi yang berbeda-beda sejak  100 tahun terakhir. Disebut-sebut kalau nama Cadillac berasal dari  family coat of arms milik seorang petualang asal Prancis,  Le Sieur Antoine de la Mothe Cadillac. Ada juga klaim bahwa  la Mothe (namanya adalah hasil adaptasi dari kota Cadillac di Prancis)  yang mendirikan kota Detroit, namun klaim tersebut tidak didukung fakta sejarah.

Badge dan  Logo Merek Mobil ; Sarat Kisah Inspiratif

Chevrolet

Ada beberapa versi terkait logo  ikonik bow tie milik Chevrolet. Versi yang paling sering beredar adalah  Billy Durant (wakil Louis Chevrolet) pernah menginap di beberapa hotel dan menyukai pola wallpaper-nya sehingga pernah mengambil sepotong pembungkus dinding itu. Kemudian pola wallpaper tersebut dijadikan logo Chevrolet. Versi lainnya, istri Billy Durant menyebutkan kalau    klaim logo Chevrolet  berasal dari iklan tungku batubara dalam sebuah koran. Versi ketiga mengklaim Louis Chevrolet mendesain logo tersebut sebagai penghormatan kepada orangtuanya dan  tempat mereka tinggal (Swiss).

Badge dan  Logo Merek Mobil ; Sarat Kisah Inspiratif

Rolls-Royce

Emblem Rolls-Royce tidak perlu penjelasan karena yang perlu dijelaskan adalah  “the Spirit Of Ecstasy” yang menjadi hood ornament. Sejatinya, mobil Rolls-Royce tidak punya ornamen sampai  politikus  Baron John Montagu selaku pemilik  Rolls-Royce Silver Ghost 1909 meminta  Charles Robinson Sykes untuk membuat maskot pribadi pada  mobilnya. Saat itu Montagu berselingkuh dengan  Eleanor Velasco Thornton, seorang artis Inggris. Lalu  Sykes membuat  patung figur Eleanor Velasco Thornton dengan baju yang melambai saat ia menaruh jari di mulutnya. Patung tersebut dinamai  The Whisper dan hanya dibuat terbatas. Karena  patung di kap mesin menjadi  ornamen yang populer,  Rolls-Royce  menugaskan Sykes untuk membuat patung ornamen kap mesin yang lebih anggun dan mampu mewakili aura  Rolls Royce.  Sykes memakai  Thornton sebagai figur inspirasi dan membuat versi modifikasi dari  The Whisper dengan nama  The Spirit of Speed yang kemudian menjadi The Spirit Of Ecstasy.

Badge dan  Logo Merek Mobil ; Sarat Kisah Inspiratif

Subaru

Subaru adalah nama Jepang untuk  Pleiades star cluster alias  Messier 45 atau  Seven Sisters star. Sejatinya ada tujuh bintang namun menurut bangsa Jepang, nama aslinya adalah   Mutsuraboshi yang berarti enam bintang. Mengapa enam bintang? Mitos Jepang menyebut salah satu bintang dari tujuh bintang (Seven Sisters) adalah bintang yang tidak terlihat (invisible). Konon, nama tersebut mengacu pada lima perusahaan yang bergabung  menjadi   Fuji Heavy Industries yang kemudian melahirkan  pabrik mobil Subaru.

 

Badge dan  Logo Merek Mobil ; Sarat Kisah Inspiratif

Volvo

Volvo mengawali sejarahnya sebagai pabrik yang membuat bearing (bantalan). Itu sebabnya nama Volvo berasal dari adaptasi kata “Volvere” dalam bahasa Latin yang berarti “I roll.” Nama Volvo dipatenkan pada tahun  1911, sedangkan  badge-nya memiliki  sejarah asal usul dari jaman purbakala.  Lingkaran dan anak panah yang mengarah ke atas mewakili ideogram jaman kuno dan menjadi simbol kimia unsur besi. Jadi bukan mewakili simbol Mars dan simbol  pria yang diyakini selama ini. Pada sisi lain, para pendiri Volvo—Assar Gabrielsson dan Gustaf Larson—menghendaki simbol yang kuat untuk Volvo dan terinspirasi oleh pengalaman mereka saat bekerja di sebuah pabrik baja Swedia.

TAGS

KOMENTAR (0)