Seputar Fungsi Roof Rail, Jadi Bukan Hiasan

Seputar Fungsi Roof Rail, Jadi Bukan Hiasan

Kini, menempatkan barang di atap mobil (saat mudik atau liburan) bukan sekadar latah,  karena sudah menjadi kebutuhan. Namun jangan sekali-kali  ikut-ikutan trend dengan menempatkan barang di atap mobil tanpa prosedur yang benar karena sangat berbahaya untuk diri sendiri maupun orang lain. Nah salah satu komponen untuk mendukung penempatan barang di atap mobil adalah roof rail dan biasanya terdapat  pada  SUV dan MPV. Namun tidak  semua jenis mobil dibekali perangkat roof rail.

Seputar Fungsi Roof Rail, Jadi Bukan Hiasan

Secara umum, ada dua macam  roof rail yang dipasang di mobil.  Tipe roof rail yang pertama adalah “raised rail” mirip huruf “C” terbalik serta memiliki  kaki yang terpasang kuat di atap mobil dan  rel yang membentuk busur. Pada raised rail, jarak antara atap dan roof rail   berkisar beberapa cm saja.

Seputar Fungsi Roof Rail, Jadi Bukan Hiasan

Tipe roof rail yang kedua adalah “flush rail” dengan kaki dan rel yang sudah terpasang menyatu di atap mobil. Karena tidak ada celah antara roof rail dan atap, maka pada perangkat tersebut dilengkapi  dudukan khusus untuk memudahkan instalasi roof rack.

Seputar Fungsi Roof Rail, Jadi Bukan Hiasan Seputar Fungsi Roof Rail, Jadi Bukan Hiasan

Setelah mengetahui jenis roof rail yang terpasang di atap mobil, langkah berikutnya adalah membeli roof rack yang sesuai (dengan jenis roof rail). Berbekal roof rail dan roof rack yang tepat, Anda dapat membawa barang di atap mobil dengan aman dan nyaman, atau bisa juga menggunakan roof box. O iya, harap diperhatikan, selalu ada batasan tentang  berat beban muatan  yang boleh ditempatkan di atap  dan penempatan agar tidak menyebabkan masalah pada kestabilan dan keseimbangan kendaraan saat melaju.

 

 

 

 

 

 

TAGS

KOMENTAR (0)