7 Cara Agar Mobil Pick Up Awet dan Terawat

7 Cara Agar Mobil Pick Up Awet dan Terawat

Meskipun hadir dengaan berbagai keunggulan diantaranya bodi tangguh dan kabin luas, namun dalam penggunaanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar New Carry Pick Up dapat nyaman dan aman selama di perjalanan.

Selain melakukan servise secara berkala, tentunya perawatan mandiri juga sangat diperlukan. Tak hanya itu cara penggunaan atau berkendara juga harus mendapatkan perhatian penuh.

Menurut Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT SIS, dengan mengusung konsep ILMU yaitu irit bensin dan perawatannya, lama umur pakainya, muatnya banyak, dan untung di ujung ini, New Carry Pick Up hadir sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Dalam pemakaiannya, ada beberapa anjuran penggunaan dan perawatan yang benar agar kendaraan terus bekerja dengan optimal dan memiliki umur pakai yang lama, di antaranya:

7 Cara Agar Mobil Pick Up Awet dan Terawat

1. Perhatikan Kondisi Ban

Perhatikan tekanan udara pada ban sesuai rekomendasi yang disarankan pada stiker di pilar pintu kendaraan atau di buku Pedoman Pemilik Kendaraan. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga performa traksi ban tetap optimal yang sekaligus dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan fungsi pengereman. Pastikan juga cek ketebalan permukaan tapak ban atau sesuai rekomendasi dari Bengkel Resmi Suzuki.

2. Merasakan Kinerja Pengereman dan Kopling Lewat Pedal

Pengereman dan kopling mobil pick up menjadi bagian vital untuk menjaga keselamatan pengendara atau pengemudi lain. Pengendara harus memperhatikan kinerjanya lewat langkah termudah dengan cara menginjak pedal sambil merasakan pengereman dan kopling dalam kondisi yang normal.

7 Cara Agar Mobil Pick Up Awet dan Terawat

3. Perhatikan Fungsi Lampu dan Wiper

Memasuki musim penghujan, pastikan semua lampu dan wiper berfungsi normal. Lampu depan/headlamp, lampu tanda belok, lampu rem dan wiper juga memiliki peran terhadap kinerja dan keselamatan pengendara.

Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik agar dapat menerangi perjalanan ataupun terlihat oleh pengendara lain, terlebih pada kondisi malam hari. Jangan memodifikasi lampu atau kelistrikan lainnya terkait dengan fungsi lampu.

4. Lakukan Servis Berkala secara rutin di Bengkel Resmi Suzuki

Pengguna New Carry Pick Up dapat melihat panduan Jadwal Servis rutin serta mengikuti jadwal yang sudah ada di Buku Service dan Garansi atau mengikuti reminder yang sudah dijadwalkan oleh Bengkel Resmi Suzuki.

5. Tepat Dalam Membawa Jumlah dan Bobot Muatan

Kapasitas bak New Carry Pick-Up yang besar sangat menguntungkan bagi pengendara, namun cara penempatan barang di bak memberi pengaruh cukup signifikan jika dilakukan dengan baik.  Letakkan barang yang berbobot lebih berat pada bagian terdepan dari bak muatan, dan barang berbobot lebih ringan pada bagian paling belakang.

7 Cara Agar Mobil Pick Up Awet dan Terawat

6. Hindari membawa bahan material/cairan yang mudah terbakar 

Membawa bahan material/cairan yang mudah terbakar dapat menimbulkan potensi bahaya bagi pengendara dan penumpang, misal Bensin, Solar, Oli, Minyak Sayur dan chemical cairan lainnya.

7. Jaga Kebersihan Interior

Menjaga kebersihan bagian dalam kendaraan juga merupakan poin penting. Hal ini dilakukan agar pengendara tetap nyaman dan membuat kendaraan lebih awet karena terjaga kebersihannya.

Menjaga kebersihan mobil dapat dilakukan menggunakan vacum cleaner khusus mobil yang mampu mengangkat kotoran di bagian sela-sela kendaraan dan gunakanlah pengharum ruangan agar kendaraan wangi dan bersih.

KOMENTAR (0)