ALVA Manufacturing Facility Terapkan Sistem Industri 4.0

ALVA Manufacturing Facility Terapkan Sistem Industri 4.0

ALVA Manufacturing Facility, di kawasan Delta Silicon Industrial Park, Cikarang, Jawa Barat milik PT. Ilectra Motor Group (IMG), selaku perusahaan yang menghadirkan lifestyle mobility solution melalui merek motor listrik ALVA, menerapkan industri 4.0 dengan fasilitas berteknologi tinggi, dimana para pekerja terampil ditunjang dengan penerapan sistem robotik dalam tahap perakitan motor listrik.

Hal tersebut memungkinkan kapasitas pabrik ini untuk memproduksi hingga seratus ribu produk per tahun, dan mampu memaksimalkan efektifitas proses pemesanan hingga pengiriman produk kepada para konsumen.

ALVA Manufacturing Facility Terapkan Sistem Industri 4.0

Purbaja Pantja, President Director PT. Ilectra Motor Group mengatakan, sejak awal kemunculannya di tahun 2022, ALVA telah melakukan gebrakan yang berbeda dari perusahaan motor yang sudah ada, karena ALVA merupakan perusahaan Lifestyle Mobility Solution. ALVA  Manufacturing Facility ini merupakan bukti keseriusan kami dalam memajukan industri otomotif Indonesia, khususnya kendaraan listrik roda dua.

“Pabrik ini menerapkan ekosistem industri 4.0 yang efisien sekaligus lebih humanis. Kami juga berupaya menghadirkan konsep manufaktur yang berbeda sebagai game changer dalam industri ini. Sehingga, bukan hanya menerapkan teknologi terdepan yang meningkatkan keahlian para pekerja, namun juga membawa manfaat serta semangat kolaborasi bagi komunitas, persyarikatan agama, serta masyarakat setempat,” tutur Purbaja.

ALVA Manufacturing Facility Terapkan Sistem Industri 4.0

Pada bulan Agustus lalu, ALVA telah menyelesaikan penggalangan dana Seri B, dengan total hingga USD 50 juta. Putaran pendanaan ini mencakup semua investor terdahulu yang dipimpin oleh Horizons Ventures. Sedangkan investor yang baru mencakup HH-CTBC Partnership L.P. (Foxconn Co-GP Fund), yang bersama dengan Horizon Ventures dan Indika Energy, menjadi investor terbesar hingga saat ini.

Dalam hal perekrutan tenaga kerja, sejak fasilitas ini beroperasi ALVA turut berinisiasi untuk membuka kesempatan bagi lulusan SMK lewat kerjasama dengan pemerintah daerah Cikarang lewat perekrutan talenta lokal untuk dapat dilatih dan bekerja sebagai tenaga terampil di ALVA Manufacturing Facility dengan standar ALVA Manufacturing Way.

ALVA Manufacturing Facility Terapkan Sistem Industri 4.0

“Kehadiran ALVA Manufacturing Facility diharapkan dapat menjadi transformasi proses produksi yang lebih baik dan menandai kesiapan ALVA dalam industri kendaraan listrik di Indonesia. Adapun dengan kolaborasi dalam perekrutan tenaga kerja merupakan inisiatif kami agar bisa berdaya dengan talenta muda Indonesia” tutup Purbaja.

KOMENTAR (0)