Beberapa Tanda Roda Kendaraan Anda Harus di Balancing

Beberapa Tanda Roda Kendaraan Anda Harus di Balancing

Ban yang tidak seimbang dapat menyebabkan kerusakan bahkan pada kendaraan baru dan dapat membatasi kinerjanya. Dengan demikian, Anda perlu mengidentifikasi gejala ban yang tidak seimbang. Kebanyakan dari kita tidak memperhatikan hal ini dan akhirnya menghadapi banyak permasalahn yang timbul pada mobil. Jadi, ini sangat penting untuk tetap memeriksa gejala ban yang tidak seimbang di mobil Anda demi menghindari masalah.

Untuk mengetahui gejala Ban Tidak Seimbang Pada Mobil Anda sangatlah mudah. Ini akan terasa ketika anda akan mendapatkan gejala ketika saat mengendarai mobil. Selanjutnya, Anda tidak perlu menunggu orang lain untuk memberi tahu anda tentang ban yang tidak seimbang. Selain itu, segeralah memperbaiki masalahnya setelah anda merasakan gejala ban yang tidak seimbang, karena hal ini akan berpengaruh terhadap stabilitas dan kinerja mobil. Inilah tanda-tanda roda pada kendaraan anda perlu di balancing, yaitu :

Beberapa Tanda Roda Kendaraan Anda Harus di Balancing

1. Getaran

Getaran dari kemudi adalah salah satu pemberitahuan paling awal yang bisa anda dapatkan untuk mengetahui bahwa ban yang tidak seimbang. Bahkan ketidak seimbangan di ban dapat menyebabkan getaran pada roda kemudi.

Awalnya, getaran ini hanya akan terbatas pada setir saja , namun jika dibiarkan akan menganggu komponen-komponen yang ada pada dashboard depan. Hingga yang paling parah tempat duduk di depan dan di belakang akan mulai merasakan getaran dan ini akan membahayakan.

Beberapa Tanda Roda Kendaraan Anda Harus di Balancing

2. Masalah Dengan Kemudi

Ban yang tidak seimbang benar-benar dapat menjadi tantangan bagi anda untuk mengemudikan kendaraan di jalanan dengan kecepatan tinggi. Pengemudi akan dibuat tidak nyaman dan tidak menyenangkan serta membuat kenderaan lebih sulit untuk dikontrol.

Tingkat ban yang tidak seimbang juga akan mengurangi putaran ban mobil. Ini juga dapat meningkatkan resiko menghadapi kecelakaan mobil karena respon roda kemudi mobil yang berkurang.

Beberapa Tanda Roda Kendaraan Anda Harus di Balancing

3. Telapak Ban Aus Tidak Merata

Seberapa sering Anda memeriksa keausan ban yang tidak rata? Pernahkah Anda memperhatikan mereka dengan seksama? Jika tidak, maka sudah saatnya untuk lebih sering memeriksanya. Keausan yang tidak normal pada telapak ban mobil Anda sebenarnya adalah petunjuk yang mengindikasikan tingkat ban yang tidak seimbang. Oleh karena itu, kami menyarankan pemeriksaan visual terhadap ban mobil anda sesering mungkin.

Jika Anda melihat bagian sisi ban lebih aus dari pada yang lain, ini menunjukkan ban mobil anda tidak seimbang. Mengganti ban dengan yang baru adalah menjadi solusi terbaik, tetapi anda juga merotasi dengan ban yang lain sebagai perbaikan sementara. Dan jangan lupa untuk menyeimbangkan ban segera setelah Anda memasang yang baru.

Beberapa Tanda Roda Kendaraan Anda Harus di Balancing

4. Bantalan Yang Rusak Dan Guncangan Buruk

Bearing dan guncangan buruk juga merupakan salah satu indikasi yang mengarah ke ban mobil yang tidak seimbang. Bearing dan guncangan ini biasanya terjadi dalam kondisi ekstrem atau ketika mobil anda berfungsi diluar kewajaran ( mengangkat beban yang berlebih ). Anda harus mengambil tindakan segera terhadap gejala-gejala ban yang tidak seimbang ini untuk mencegah kerusakan lebih parah pada mobil anda.

Guncangan tiba-tiba juga akan menghambat kinerja mobil seiring dengan jarak yang ditempuh. Jika Anda tidak menyelesaikan masalah ini segera, Anda mungkin akan menghabiskan banyak uang untuk mengganti banyak komponen mobil Anda. Ini juga akan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada ban kendaraan Anda, yang berakibat pada penurunan kinerja.

KOMENTAR (0)