Berdesain ‘Radikal’, Tesla Resmi Luncurkan Cybertruck

Berdesain 'Radikal', Tesla Resmi Luncurkan Cybertruck  Setelah berbagai teaser dan kabar yang ramai di media online, Tesla akhirnya meluncurkan Cybertruck, model kendaraan pickup bertenaga listrik sepenuhnya, pada 21 November lalu. Terungkap dalam sebuah acara di Los Angeles, California -terpisah dari ajang LA Auto Show 2019– Cybertruck memiliki panjang yang sama (5.87 m) dengan model kendaraan pesaingnya, walau tampaknya hanya itu saja kesamaannya. Cybertruck memiliki desain bentuk radikal yang lain daripada yang lain, yang menurut CEO Tesla Elon Musk akan siap memasuki lini produksi.

Spesifikasi yang dijanjikan oleh Cybertruck sebenarnya cukup menakjubkan. Tiga opsi powertrain akan ditawarkan dengan satu, dua atau tiga motor listrik. Motor tunggal, versi penggerak roda belakang digadang dapat dipacu dari 0-100 km/jam dalam 6.5 detik, dengan baterai yang mampu membawa truck ini sampai 402 km. Mobil juga dapat menarik bobot 3.400 kg dan memiliki muatan 1.360 kg. Cybertruck sendiri bakal dibanderol sekitar USD 39,900 atau kisaran Rp 562 jutaan.

Berdesain 'Radikal', Tesla Resmi Luncurkan Cybertruck

Selanjutnya adalah varian dual-motor mid-range, yang menawarkan sistem all-wheel drive, yang mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam 4.5 detik, dengan kemampuan untuk menarik bobot lebih dari 4.500 kg. Dikabarkan varian ini akan dipasarkan dengan harga USD 49,900 atau kisaran Rp 702 jutaan.

Akhirnya varian tingkat teratas yang menggunakan powertrain 3-motor EV ‘Plaid’ terbaru. Dibanderol mulai dari USD 69,900 atau kisaran Rp 984 jutaan, Tesla mengklaim bahwa varian ini dapat menempuh 804 km dalam 1 kali charge, 0-100 km/jam hanya dalam tempo 2.9 detik dan mampu menempuh 400 meter hanya dalam 10 detik, dengan kapasitas derek 6.350 kg.

Berdesain 'Radikal', Tesla Resmi Luncurkan Cybertruck

Cybertruck dapat membawa hingga enam orang dewasa. Kabinnya dipenuhi dengan estetika khas Tesla: minimalis, dengan dashboard yang didominasi oleh layar sentuh bergaya tablet 17-inci. Roda kemudinya bergaya joystick dari konsep mobil klasik, namun diharapkan ini akan menjadi roda kemudi bergaya tradisional (a.k.a bundar) pada saat memasuki produksi.

Bodi¬†Cybertruck disebut-sebut terbuat dari baja “stainless cold-rolled 30X ultra-hard“. Dikatakan anti-peluru 9mm, Musk membuktikan bahwa tubuh Cybertruck mampu menahan benturan dengan beberapa peralatan seperti palu yang digunakan untuk menguji kemampuannya. Walaupun, pada akhirnya kaca Cybertruck sendiri retak saat dilempar Musk dengan bola yang terbuat dari besi!

Berdesain 'Radikal', Tesla Resmi Luncurkan Cybertruck

Walaupun sebagian kalangan memperkirakan produksi Cybertruck ini masih lama, Tesla mengklaim untuk varian penggerak roda belakang Cybertruck akan tiba pada akhir tahun 2021, sementara varian yang lebih cepat dan lebih mahal akan datang pada tahun 2022. Untuk peluncuran di Eropa maupun di Asia masih belum dikonfirmasi. **MS

KOMENTAR (0)