JCB Fastrac, Traktor Terkencang di Dunia

JCB Fastrac, Traktor Terkencang di Dunia

JCB Landpower sepertinya ‘gatel’ juga untuk melesatkan salah satu traktor berkecepatan tingginya, JCB Fastrac untuk dilesatkan di jalan aspal.

Produsen spesialis traktor yang memulai bisnisnya tahun 1991 tersebut menginginkan bisa rekor traktor tercepat bisa dipatahkan andalkan JCB Fastrac.

Adapun Fastrac yang dipakai adalah tipe 8330, standarnya hanya memiliki kecepatan 70 km/jam dari torsi berkekuatan 1.440 Nm dan tenaganya 348 hp.

JCB Fastrac, Traktor Terkencang di Dunia

Performa standar tersebut disingkirkan dan digantikan dengan modifikasi mesin 7.2L, 6 silider DieselMax yang tenaganya tembus 1.000 hp dan torsinya 2.500 Nm.

Agar bisa mewujudkan traktor dengan rekor berkecepatan tinggi beberapa komponen diganti material lebih ringan dan disokong aerodinamika buatan Williams Advanced Engineering.

Oh iya, rekor traktor dengan kecepatan tertinggi merupakan custom built ‘Track-tor’ dikendarai Stig – ikon BBC Topgear – melesat 140 km/jam.

Para teknisi JCB bekerja secara senyap untuk mewujudkan Fastrac dan dibantu oleh pembalap profesional Guy Martin.

“Merupakan momen luar biasa bersama JCB di Elvington, pekerjaan sempurna dengan teknisi berpengalaman. Traktor ini begitu kencang di lintasan lurus, sangat memuaskan,” ujar Martin.

166,7 km/jam akhirnya bisa ditembus Fastrac di jalur aspal dikendarai oleh Guy Martin. 26 km/jam lebih cepat dari rekor yang dilakukan bulan Maret 2018.

Nah, JCB bukan pemain baru dalam hal kecepatan. Kembali pada tahun 2006, mengisi Guinness Book of Records sebagai mesin diesel terkencang dengan kecepatan rata-rata 563,4 km/jam.

KOMENTAR (0)