Mobil Elektrifikasi Toyota Mulai Diuji dari Banyuwangi ke Bali

Mobil Elektrifikasi Toyota Mulai Diuji dari Banyuwangi ke Bali

PT Toyota-Astra Motor (TAM) hari rabu ini (9/10) mengajak 32 jurnalis termasuk salah satunya Otoblitz.NET untuk bersama-sama mengetahui teknologi 8 (delapan) unit mobil elektrifikasi Toyota yang terdiri dari Corolla Altis Hybrid (1 unit), Camry Hybrid (1 unit), Alphard Hybrid (1 unit), C-HR Hybrid (3 unit) dan Prius Plug-In Hybrid (PHEV) (2 unit), dari Banyuwangi hingga Bali. Terbagi dalam beberapa etape, dengan total jarak sekitar 380 km.

TAM memastikan kegiatan Electrified Vehicle Journalist Test Drive sebagai bentuk sosialisasi dalam mendukung akselerasi penggunaan kendaraan elektrifikasi yang menjadi program Pemerintah.

Mobil Elektrifikasi Toyota Mulai Diuji dari Banyuwangi ke Bali

Diungkapkan oleh Andri Widiyanto, Deputy Division Head Marketing Planning Division TAM bahwa melihat berita yang begitu banyak membahas kendaraan elektrifikasi dari sisi pemerintah dan juga sisi pasarnya, termasuk konsumennya serta industri otomotif itu sendiri.

“Kami melihat bahwa dari konsumen masih banyak belum mengetahui lebih jauh tentang kendaraan elektrifikasi. Kegiatan ini sebagai inisiatif kita lakukan cukup panjang sehingga rekan media bisa mengetahui lebih jauh tentang kendaraan hibrid dan elektrifikasi Toyota, sejauh 376 km,” ujar Andri.

Dirinya lebih jauh menjelaskan apa yang bisa dieksplorasi dari kendaraan hybrid ini ada empat hal. Pertama dilatari konsumen bertanya apakah ‘fun to drive’. Dari sisi performance, akselerasi.

Mobil Elektrifikasi Toyota Mulai Diuji dari Banyuwangi ke Bali

Kedua adalah Eco Friendly, karena memang hybrid ini salah satunya disupport motor listrik, yang banyak bekerja motor listriknya ketimbang mesin konvensionalnya. Sehingga dampaknya lebih ramah lingkungan.

Ketiga, yang bisa lebih jauh dipelajari adalah efisiensi bahan bakar. Menggunakan teknologi hybrid ini bahan bakar bisa lebih hemat 70% berbanding mesin konvensional.

Sedangkan terakhir adalah membicarakan kesenyapan kabin. Karena yang lebih banyak bekerja adalah motor listriknya membuat kabin lebih senyap.

Mobil Elektrifikasi Toyota Mulai Diuji dari Banyuwangi ke Bali

“Banyak hal yang bisa dieksplor dari hybrid ini. Biasanya, konsumen saat beralih dari mesin non-hybrid ke hybrid bertanya-tanya keseluruhan penggunaan mobil ini termasuk di dalamnya adalah perawatan kendaraan,” tambah Andri.

Dirinya meyakini perawatan kendaraan hybrid ini tidak berbeda dibandingkan perawatan dari kendaraan non-hybrid. Di rangkaian test drive ini ada simulasi khusus bagaimana melakukan perawatan berkala kendaraan hybrid.

Mobil Elektrifikasi Toyota Mulai Diuji dari Banyuwangi ke Bali

Di tempat terpisah, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy menegaskan, melalui kegiatan test drive mobil elektrifikasi Toyota bersama media ini, sosialisasi mengenai keberadaan mobil listrik di Indonesia ini dapat terus ditingkatkan sehingga masyarakat kian paham manfaat besar kehadiran mobil elektrifikasi dalam mendukung suksesnya kebijakan pengembangan kendaraan elektrifikasi oleh pemerintah. Toyota optimis, kehadiran mobil elektrifikasi dalam industri otomotif nasional akan memberi manfaat yang besar, tidak hanya bagi perekonomian tapi juga terhadap lingkungan hidup.”

Mobil Elektrifikasi Toyota Mulai Diuji dari Banyuwangi ke Bali

Dari sisi pemeliharaan, 332 jaringan sales dan aftersales resmi Toyota yang tersebar luas di seluruh Indonesia siap memberikan kemudahan pelayanan bagi kepemilikan mobil hybrid Toyota mulai dari garansi kendaraan selama 3 tahun atau hingga 100 ribu km, garansi baterai selama 5 tahun atau 150 ribu km, spareparts yang terjamin keasliannya, serta servis dengan teknisi tersertifikasi. [KCH]

KOMENTAR (0)