Sayonara Mazdaspeed!

Sayonara Mazdaspeed!

Setelah bertahun-tahun, Mazda membuat varian performa tinggi melalui Mazdaspeed dengan hasil    Mazda3, Mazda6, and Mazda Miata. Jangan heran kalau model-model tersebut menjadi buruan dan incaran para kolektor. Namun baru-baru ini, Mazda sudah mengumumkan untuk  memasukkan Mazdaspeed sebagai bagian dari sejarah panjang Mazda dalam dunia otomotif.

Sayonara Mazdaspeed!

Sebenarnya, hal itu bukan kabar yang mengejutkan karena Mazdaspeed terakhir kali merilis produk terbarunya—Mazda3—pada tahun 2013 dan setelah itu tidak ada lagi kelanjutannya. Apalagi kemudian Mazda bergeser menjadi pemain segmen pasar mobil mewah dan lebih mengembangkan teknologi  Skyactiv generasi terbaru. Saat ini fokus  utama Mazda adalah membuat mesin turbo dengan performa istimewa untuk mendukung  driving dynamics.

Sayonara Mazdaspeed!

Tanpa sentuhan Mazdaspeed, faktanya Mazda  tidak melupakan aspek performa untuk produk-produk terbarunya. Contohnya,  Mazda3 Turbo 2021 yang baru-baru ini dirilis tampil dengan  mesin standar empat silinder 2,5 liter turbocharged  250 hp dan  433 Nm (memakai bensin oktan tinggi). Mesin tersebut dipasangkan dengan  transmisi otomatis 6-speed dan sistem gerak semua roda.  Walau bukan  termasuk hot hatch seperti  Hyundai i3-N atau  Honda Civic Type R, nyatanya Mazda3 Turbo sama kencang dan lebih mewah dibanding kedua rival tersebut.  O iya, Mazda juga sedang mengembangkan mesin enam silinder segaris terbaru dengan tenaga  di atas 350 hp untuk Mazda6 generasi terbaru. Sekalipun tanpa Mazdaspeed,  Mazda  tidak  melupakan aspek performa untuk produk-produk terbarunya.

TAGS

KOMENTAR (0)