Ambisi Harley-Davidson Membangun Motor Listrik

Ambisi Harley-Davidson Membangun Motor Listrik Ambisi Harley-Davidson Membangun Motor Listrik

Setelah pada 2014 sempat mengumumkan sedang menyiapkan proyek motor listrik LiveWire, pekan ini Harley-Davidson kembali memastikan akan segera mewujudkan ambisi tersebut. Menariknya, pengumuman itu mereka lontarkan pada saat HD USA mendaftarkan merek dagang H-D Revelation ke United States Patent and Trademark Office untuk baterai, charger, dan powertrains (mesin listrik, transmisi) hari Senin (26/2/2018) lalu  — sehingga memunculkan spekulasi apakah H-D Revelation juga akan menjadi nama sepeda motor listrik mereka.

Juga belum jelas betul apakah sepeda motor listrik ini merupakan wujud-jadi dari protipe LiveWire yang membawa filosofi desain Harley yang futuristik dengan exposed chassis, suspensi belakang monoshock, lampu depan dan belakang LED, serta konsol instrumen digital.

Ambisi Harley-Davidson Membangun Motor Listrik Ambisi Harley-Davidson Membangun Motor Listrik

Protipe LiveWire serba hitam yang juga sempat “debut” dalam film The Avengers itu memang tampak garang saat dikemudikan Black Widow (Scarlett Johansson). Dengan kapasitas 55kw yang dapat menyemburkan daya 74 PS dan output torsi 70 Nm, LiveWire diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4 detik, dengan kecepatan maksimal 148 km/jam.

Disebutkan dalam rilis mereka, “Hari ini kami mengumumkan akan berinvestasi secara agresif untuk memimpin pengaplikasian teknologi listrik pada sepeda motor yang bakal menginspirasi konsumen baru di kalangan generasi muda.”

Ambisi Harley-Davidson Membangun Motor Listrik Ambisi Harley-Davidson Membangun Motor Listrik

Rencananya sepeda motor listrik yang bakal ditawarkan ke publik sebelum tahun 2020 itu akan diproduksi di pabrik Milwaukee, yang saat ini juga memproduksi Sportster bermesin evolution engine dan Harley-Davidson Street 750S dengan mesin Revolution X.

Namun, sesungguhnya penjualan Harley  secara global tidak terlalu baik, setelah tahun lalu sempat mengalami penurunan 6,7%. Bahkan di Amerika Serikat, yang menjadi pasar utama mereka, terjun bebas hingga 8,5%. Kendati begitu, perusahaan bersikeras akan secara konsisten meluncurkan 100 armada baru dalam 10 tahun ke depan, termasuk menghadirkan tiga seri baru: Bronx, Pan America, dan 48X.

KOMENTAR (0)