Cara Mudah dan Merawat Power Window

Cara Mudah dan Merawat Power Window

Hampir semua mobil baru saat ini sudah menggunakan fitur power window untuk memudahkan menutup atau membuka jendela. Mengingat cara kerjanya sudah menggunakan komponen motor penggerak, otomatis perlu didukung dengan perawatan agar fungsinya berjalan dengan normal.

Bagi pemilik mobil yang memiliki waktu santai di tengah work from home (WFH), bisa meluangkan waktu sedikit untuk melakukan perawatan ringan power window. Caranya pun tidak sulit, bahkan cukup mudah untuk dilakukan sendiri di rumah.

Cara Mudah dan Merawat Power Window

Menurut Dealer Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, untuk merawat power window tak perlu peralatan khusus, cukup dengan memperhatikan beberapa hak sederhana yang bisa membuat pengoperasian power window bebas dari masalah. “Cukup membersihkan dan melumasi karet untuk naik turun kaca atau yang dinamakan run door glass dengan silicone grease, power window akan lancar dan bekerja dengan baik,” kata Didi.

Didi melanjutkan, biasanya kalau dinamo atau motor tidak bekerja dengan maksimal bisa saja disebabkan oleh arang yang habis. Jika sudah begitu, regulator atau mekenisme untuk menurunkan dan menaikan kaca harus dilumasi agar dapat bekerja dengan baik, karena mungkin saja terkena air.

Cara Mudah dan Merawat Power Window

Pada kesempatan berbeda, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Suparman mengatakan, karena power window bekerja menggunakan motor listrik untuk menurunkan dan menaikan jendela, jadi harus dipastikan bila tak ada beban yang menghalangi kerja motor.

“Beban yang dimaskud bisa datang dari mana saja, tapi pada umumnya dari sektor kaca sendiri, contoh seperti kotoran atau debu yang menempel,” ucap Suparman. Sehingga ketika jendela di buka, debu tersebut berpotensi masuk ke ruang mekanis power window yang bisa sampai terjadi pengendapan kotoran, otomatis bisa berdampak pada kerja motor listriknya.

KOMENTAR (0)