Edan, 12 Unit Bentley ‘Team Blower’ akan Dibuat Lagi!

Edan, 12 Unit Bentley 'Team Blower' akan Dibuat Lagi!

Bagi kalangan penggemar sejati Bentley klasik, sepertinya harus mengecek tabungan yang dimilikinya. Crewe mengabarkan akan membuat 12 unit Bentley supercharged 4 ½-litre “Team Blower” lansiran 1929.

Yup, mobil legenda tersebut akan dibuat lagi sesuai dengan spesifikasi aslinya dengan menggandeng Mulliner. Dipastikan menjadi mobil baru pertama di dunia mobil balap dari era pra perang dunia.

Edan, 12 Unit Bentley 'Team Blower' akan Dibuat Lagi!

Sejatinya hanya ada empat unit ‘Team Blower’ yang buat untuk balapan oleh Birkin pada penghujung tahun 1920’an. Semuanya disiapkan untuk hadapi lintasan di Eropa, mobil paling terkenal adalah tim milik Birkin dengan mobil bernomor 2, diregistrasi UU 5872 – balapan di Le Mans dan menjadi bagian utama buatan sendiri Bentley Speed Six menang tahun 1930.

Dibangkitkannya lagi mobil “Team Blower” ini diyakini menggabungkan berbagai kombinasi kemampuan dan keahlian tangan terampil serta pastinya andalkan teknologi digital.

Adapun dari 12 unit edisi continuation ini salah satunya mewakili setiap balapan yang dilakukan empat mobil Team Blower. Bentley Blower Continuation Series tersebut diumumkan saat Salon Privé Concours d’Elegance 2019, oleh Bentley’s Chairman and Chief Executive, Adrian Hallmark.

Edan, 12 Unit Bentley 'Team Blower' akan Dibuat Lagi!

“Seiring memperingati 100 tahun Bentley, kami menggabungkan tampilan ke masa lalu kami dengan teknologi dan teknik digital terbaru untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar luar biasa.”

“Keempat Team Blower adalah Bentley paling berharga di dunia, dan kami tahu ada permintaan untuk menikmati keasliannya yang dapat digunakan, dinikmati, dan dicintai tanpa risiko bagi aslinya yang paling berharga,” jelasnya.

Dirinya menegaskan bahwa duabelas unit Blower tersebut tak sekadar sebagai warisan sejarah, namun juga bagian dari selebrasi kemampuan dari para ahli di Mulliner.

Edan, 12 Unit Bentley 'Team Blower' akan Dibuat Lagi!

“Merupakan tantangan baru untuk Bentley, setelah melihat kesuksesan restorasi satu-satunya Corniche tahun 1939, kita ingin selangkah lebih jauh untuk membuat sesuatu yang lebih spesial. Duabelas orang konsumen yang beruntung akan memiliki penghormatan unik terhadap sejarah Bentley,” yakin Adrian.

Mobil milik Bentley sendiri yakni nomor sasis HB 3403 akan diurai setiap komponennya, kemudian perkomponen kendaraan akan dimasukkan katalog dan proses scan digital 3 dimensi.

Edan, 12 Unit Bentley 'Team Blower' akan Dibuat Lagi!

Menggunakan cetakan asli buatan tahun 1920 dan alat pemotong serta perkakas para tangan terampil bersanding dengan teknologi manufaktur. Ada 12 set yang akan dibuat, sebelum para teknisi berpengalaman kembali merakit Blower.

12 unit tersebut akan identik dengan aslinya secara mekanik, estetika dan spiritual – hanya ubahan minimal dilakukan untuk mengimbagi keselamatan modern.

Edan, 12 Unit Bentley 'Team Blower' akan Dibuat Lagi!

Diyakini mobil berusia 90 tahun tersebut masih gagah meluncur di jalan raya termasuk menyelesaikan Mille Miglia dan melaju di Goodwood Festival of Speed dan tour di pesisir California dan parade di Laguna Seca serta ikutan di Pebble Beach Concours d’Elegance 2019.

Perihal mesinnya akan andalakan mesin empat silinder dengan 16 katup dan crankcase alumunium serta silinder dan juga kepala silinder dan besi cetakan.

Edan, 12 Unit Bentley 'Team Blower' akan Dibuat Lagi!

Supercharger akan berupa replika Amherst Villiers Mk IV, membuat mesin 4.398 cc suguhan tenaga 240 hp pada 4.200 rpm.

Struktur mobil akan menggunakan frame baja tekan dengan per daun setengah melingkar menjiplak Bentley & Draper damper. Mekanikal pengereman teromol Bentley-Perrot berukuran 40 cm begitu juga bagian kemudi melengkapi bagian sasis.

Edan, 12 Unit Bentley 'Team Blower' akan Dibuat Lagi!

Patut bersabar untuk mengharapkan mobil ini segera terpajang di garasi. Karena produksinya memakan waktu hingga dua tahun melengkapi 12 unit mobil tersebut. Harga dikabarkan menyusul! [KCH]

KOMENTAR (0)