Gaikindo Sambut Positif Penerbitan IOMKI oleh Kemenperin

Gaikindo Sambut Positif Penerbitan IOMKI oleh Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung aktivitas industri sebagai upaya memacu pertumbuhan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19. Industri otomotif pun berusaha menjaga produktivitasnya, dimana setelah libur panjang karena pandemi Covis-19 dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), beberapa pabrik otomotif mulai beroperasi lagi.

Jongkie D. Sugiarto, Wakil Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengatakan, saat ini sektor industri otomotif di dalam negeri membutuhkan dukungan dari regulator, khususnya Kemenperin.

Gaikindo Sambut Positif Penerbitan IOMKI oleh Kemenperin

“Wabah COVID-19 telah mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat dan berdampak pada operasional serta produktivitas industri otomotif. Walaupun demikian, kami sangat mengapresiasi perhatian dari Kemenperin yang aktif membantu industri otomotif bisa bertahan dalam menghadapi masa sulit sekarang ini,” kata Jongkie.

Ditambahkan oleh Jongkie, salah satu kebijakan Kemenperin yang disambut positif, yaitu penerbitan Izin Operasional Mobiitas dan Kegiatan Industri (IOMKI) yang dapat menjamin industri untuk tetap produktif sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar. “IOMKI memiliki peran penting dalam upaya menggairahkan sektor industri di dalam negeri tetap produktif, tetapi dengan mengikuti protokol kesehatan,” ucap Jongkie.

Gaikindo Sambut Positif Penerbitan IOMKI oleh Kemenperin

Jongkie juga mengungkapkan bahwa industri otomotif siap menjalankan kebijakan strategis yang diarahkan pemerintah demi memulihkan sektor industri dan ekonomi nasional, terutama dalam tatanan kehidupan normal baru (new normal).

“Kami berharap industri akan segera pulih. Untuk itu, kami bersama-sama dengan pemerintah, dalam hal ini Kemenperin yang terus memonitor situasi dan kondisi di lapangan untuk menyiapkan langkah-langkah perbaikan, termasuk di sektor industri otomotif,” pungkasnya.

KOMENTAR (0)