Goodyear Pelopori Program Pemeliharaan Ban Berteknologi AI

Goodyear Pelopori Program Pemeliharaan Ban Berteknologi AI

Goodyear Tire & Rubber Company dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) berkolaborasi bersama STRATIM, perusahaan startup teknologi dalam mempelopori program pemeliharaan ban untuk membantu pemilik industri kendaraan ‘On-Demand’ dalam memprediksi kapan waktu yang tepat untuk melakukan perbaikan atau pergantian ban.

Chris Helsel, Chief Technology Officer Goodyear mengatakan, perusahaan menyadari bahwa jarak tempuh kendaraan semakin meningkat seperti yang terlihat dari aplikasi, yaitu dari sebelumnya 15.000 mil per tahun menjadi 5.000 mil per bulan.

Goodyear Pelopori Program Pemeliharaan Ban Berteknologi AI

“Hal ini yang menyebabkan permintaan terhadap pemeliharaan ban juga meningkat, terutama bila pemilik bisnis transportasi On-Demand mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan pelanggannya,” kata Helsel dalam keterengan resminya yang diterima Otoblitz.net, Senin (5/2).

Ditambahkan oleh Helsel bahwa ‘On-Demand’ merupakan model bisnis yang terlahir dari keinginan konsumen untuk memenuhi kebutuhan barang maupun jasa dengan proses yang praktis dan fleksibel dalam hal waktu pemesanan. “Dalam bisnis berkonsep ‘On-Demand’, kecepatan waktu adalah hal yang sangat krusial karena bergerak berdasarkan permintaan konsumen tentu akan berbeda dengan sistem bisnis konvensional,” ungkap Helsel.

Goodyear Pelopori Program Pemeliharaan Ban Berteknologi AI

Goodyear melihat bisnis transportasi ‘On-Demand’ sebagai pasar yang sedang berkembang. Hal ini juga terjadi di Indonesia, sejumlah startup secara serius mengembangkan bisnis layanan ‘On-Demand’ yang sejauh ini terlihat menjanjikan, seperti layanan transportasi online maupun tranportasi logistik yang sudah merambah hampir diseluruh kota di Indonesia.

Sementara, Wicaksono Soebroto, Head of Communications PT Goodyear Indonesia, Tbk. mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi membuat masyarakat dengan mobilitas tinggi semakin mudah menjangkau suatu tempat, tak heran jika layanan ‘On-Demand’ seperti transportasi online juga meningkat.

Goodyear Pelopori Program Pemeliharaan Ban Berteknologi AI

“Sebagai pemilik jaringan layanan pemeliharaan ban terbesar di Amerika Serikat, kami terus melakukan inovasi agar program ini juga dapat di terapkan di Indonesia sehingga kami dapat berkolaborasi dengan pemilik perusahaan tranportasi On-demand dalam melakukan pemeliharaan ban,” ujar Wicaksono.

Sedangkan Sean Behr, CEO STRATIM menjelaskan bahwa pemeliharaan dan uptime kendaraan merupakan faktor penting dalam bisnis transportasi ‘On-Demand’. Sebagai pelopor dalam program pemeliharaan ban, Goodyear bisa menjadi solusi untuk memenangkan kompetisi bisnis di industri ini.

Goodyear Pelopori Program Pemeliharaan Ban Berteknologi AI

STRATIM sendiri merupakan perusahaan startup transportasi armada berbasis di San Francisco, AS, yang menyediakan platform terpadu untuk memantau dan mengawasi pemeliharaan armada pada puluhan ribu kendaraan yang dioperasikan oleh lebih dari 50 layanan di lebih dari 25 pasar di Amerika Utara. **MS/ Foto-foto: Dok. Goodyear

TAGS

KOMENTAR (0)