Google Beberkan Agar Lebih Cepat Beli Mobil

 

Google Beberkan Agar Lebih Cepat Beli Mobil

Google bersama TNS pada hari Selasa, 27 Maret 2018, mengungkapkan hasil penelitian bahwa fasilitas internet menjadi bagian penting dalam penentuan konsumen membeli kendaraan atau mobil baru.

Keduanya sekaligus membeberkan bahwa 3 dari 4 orang hanya memerlukan waktu dua bulan untuk memutuskan membeli kendaraan.

Google Beberkan Agar Lebih Cepat Beli Mobil

Penelitian tersebut menunjukkan fakta-fakta konsumen otomotif Indonesia sebagai berikut:

Meningkatnya pencarian informasi secara mobile dan online. Dibandingkan tahun sebelumnya, lebih banyak pembeli mobil Indonesia yang terhubung Internet yang menggunakan perangkat mobile – dengan lebih 8 dari 10 orang (85%) setuju mengenai hal ini (dibandingkan dengan 73% di tahun 2016) dan 6 dari 10 (63%, meningkat dibanding tahun 2016 sebesar 52%) menggunakan Internet untuk menemukan diler. Sementara itu, hasil yang sama (63%) juga menunjukkan bahwa mereka mau membeli mobil secara online (meningkat dibandingkan 49% di tahun 2016).

Google Beberkan Agar Lebih Cepat Beli Mobil

Meningkatnya dorongan untuk menonton video sebelum membeli mobil. Tahun lalu hampir setengah (46%) dari pengguna Internet Indonesia menonton video online sebelum membeli mobil, dan angka tersebut bertumbuh hingga 6 dari 10 orang (59%). Peningkatan ini juga hal yang dialami oleh tren penelusuran di YouTube, jumlah pencarian terkait otomotif di YouTube meningkat 1,6 kali dibandingkan tahun sebelumnya.

Google Beberkan Agar Lebih Cepat Beli Mobil

Meningkatnya popularitas video menunjukkan bahwa pemasar otomotif di Indonesia harus memastikan bahwa brand mereka dapat ditemukan setiap kali pengguna Internet mencari konten otomotif secara online. Berdasarkan riset Drive to Decide ini, konten paling favorit yang dicari pengguna adalah “fitur dan teknologi,” “review interior atau eksterior,” serta “safety test.” Saat ini YouTuber yang membahas mengenai interior atau eksterior, dan safety test masih terbilang terbatas. Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi peluang besar bagi brand di Indonesia untuk dapat memenuhi tuntutan ini.

Google Beberkan Agar Lebih Cepat Beli Mobil

Selain konten, riset ini juga mengungkapkan bahwa pengguna Internet Indonesia yang ingin membeli mobil akan menonton video untuk meyakinkan diri mereka, di mana 8 dari 10 orang (82%) menyatakan bahwa video online memperkuat keputusan mereka untuk membeli mobil tertentu. Hal ini menarik bagi pemasar karena nyatanya video dapat merubah keputusan mereka, dengan 6 dari 10 orang (65%) juga menyatakan bahwa video online memperkenalkan mereka dengan kendaraan yang sebelumnya tidak mereka pertimbangkan.

Survei ini juga menunjukkan kelebihan dari video online, yaitu bersifat kekal dan tidak terbatas oleh waktu. 8 dari 10 (80%) penonton video review mobil akan melakukan follow-up secara aktif. Salah satu tindakan follow up yang paling banyak dilakukan adalah mengunjungi situs produsen mobil atau diler, dan menanyakan harga.

 

TAGS

KOMENTAR (0)