IIMS Road Safety for Children, Disukai Anak & Orang Tua

IIMS Road Safety for Children, Disukai Anak & Orang Tua

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 memang dirancang untuk dapat dinikmati oleh berbagai usia. Mulai dari anak-anak hingga para orang tua, semua kegiatannya telah dibungkus dengan tema besar ‘The Essence of Motor Show‘, sehingga menampilkan kegembiraan dalam nuansa otomotif.

Di IIMS 2017 ini, tak hanya orang dewasa yang dapat menikmati untuk mencoba mobil baru di area test drive. Di Hall C3, JIExpo Kemayoran, tersedia area Road Safety for Children, dimana anak-anak yang diajak kedua orang tuanya ke IIMS 2017 dapat juga merasakan asyiknya berkendara di ‘jalanan’.

IIMS Road Safety for Children, Disukai Anak & Orang Tua

Di area Road Safety for Children ini, anak-anak dapat bermain sekaligus diedukasi mengenai keselamatan berkendara dan tata tertib berlalu-lintas dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak dapat merasakan langsung simulasi berkendara di perkotaan, melalui miniatur jalan raya dengan menggunakan mobil-mobilan listrik, lengkap dengan segala rambu lalu-lintas dan berbagai skenario berkendara yang mungkin terjadi.

IIMS Road Safety for Children yang berupa taman lalulintas memang menjadi salah satu favorit keluarga. Dengan konsep bermain mobil-mobilan di taman dan lintasan penuh warna, anak-anak usia 6-12 tahun mendapat bekal soal rambu-rambu dan tata krama berlalulintas, termasuk akibat yang ditimbulkan pada diri sendiri maupun orang lain jika tidak mematuhi peraturan. Pembekalan itu menjadi efektif karena dipandu oleh kakak-kakak Polwan yang cantik, ramah, dan memiliki pengetahuan tentang psikologi anak.

IIMS Road Safety for Children, Disukai Anak & Orang Tua

“Anak-anak selalu senang dengan situasi bermain, jadi dengan pengalamannya bermain di tempat ini, dia dapat lebih mudah untuk mengingat aturan lalu-lintas yang harus dipatuhi,” ujar Bripda Rizka D Febri, Presenter NTMC Polri yang tengah bertugas di kegiatan ini, dalam rilis yang diterima Otoblitzclassic, Senin (2/5). “Untuk kedua orang tua, agar jangan memberikan contoh yang buruk saat berkendara bersama di jalan, karena hal tersebut juga akan diingat oleh mereka. Saat di jalan, ada baiknya untuk sekaligus memberikan pengetahuan mengenai rambu-rambu dan peraturan lalu-lintas kepada anak-anak,” tambahnya.

Sampai hari Minggu (30/4), Road Safety for Children yang juga bekerjasama dengan Korlantas Polda Metro Jaya ini telah mencetak 1.380 Surat Ijin Mengemudi (SIM) untuk anak-anak. Untuk dapat mengikuti kegiatan ini, anak Anda harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya berusia antara 6-12 tahun; setiap anak yang ingin ikut bermain harus membayar Rp 20.000 per anak setiap kali main; mengisi data peserta di lembar tiket; menyerahkan data kepada petugas registrasi SIM; foto untuk pembuatan SIM; serta antri untuk menunggu giliran berkendara.

IIMS Road Safety for Children, Disukai Anak & Orang Tua

“Ini adalah sebuah program yang menyenangkan tak hanya bagi anak-anak, tapi juga bagi orang tuanya. Karena tak hanya kami yang dapat menikmati pameran otomotif ini, tapi juga anak-anak yang mendapat kesempatan bermain sambil belajar di tempat ini,” ujar Arie (38 tahun) orang tua dari Owen (10 tahun) asal Jakarta.

Sementara bagi pihak penyelenggara IIMS 2017, PT Dyandra Promosindo, program ini merupakan salah satu bentuk dukungan pihaknya pada program PBB yang tengah berkampanye #SaveKidsLives di seluruh dunia untuk menyelamatkan anak-anak dari kecelakaan lalulintas. “Sejak tahun lalu program ini dibuat, tak lain adalah sebagai bentuk perwujuan The Essence of Motor Show yang tak melulu bicara soal bisnis otomotif, tapi juga berbagai aspek di dalamnya seperti edukasi, sosial, budaya, hobi dan lain-lain,” ujar Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo.

IIMS Road Safety for Children, Disukai Anak & Orang Tua

Kegiatan Road Safety for Children akan terus berlangsung sepanjang IIMS 2017 setiap harinya, dibuka mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB, hingga tanggal 7 Mei 2017 nanti. Tahun 2016 lalu, Road Safety for Children telah mencetak hingga 5.000 lembar SIM untuk anak-anak. **MS/ Foto-foto: Dok. Dyandra

TAGS

KOMENTAR (0)