Kerjasama Hancook dan Hyundai Hasilkan Ban Tanpa Angin ‘i-Flex’

Kerjasama Hancook dan Hyundai Hasilkan Ban Tanpa Angin 'i-Flex'

Perusahaan Hankook Tire & Technology memamerkan ban non-pneumatik (NPT)-nya yang diberi nama ‘i-Flex’ dalam partisipasi bersama Hyundai Motor Company di acara Consumer Electronics Show (CES) 2022 (5-8/01).

Hyundai Motor Company meluncurkan modul Plug & Drive (PnD) untuk pertama kalinya. Modul tersebut dibuat berdasarkan teknologi robotik yang memungkinkan Mobility of Things (MoT). Ban i-Flex dari Hankook Tire dipasang untuk memaksimalkan karakteristik dan fungsi modul PnD.

Kerjasama Hancook dan Hyundai Hasilkan Ban Tanpa Angin 'i-Flex'

Ban ini klaimnya lebih aman dari kecelakaan yang disebabkan oleh tusukan. Selain itu, ban ini tidak memerlukan perawatan tekanan udara sehingga ban ini dinilai jadi solusi optimal untuk kendaraan yang bergerak secara otomatis.

Ban i-Flex ini dikembangkan melalui studi dan pengujian biomimetik. Untuk menyerap guncangan jalanan dan menanggung beban, ban ini mengadopsi spoke multi-layer saling terkait yang terinspirasi dari struktur seluler organisme hidup.

Kerjasama Hancook dan Hyundai Hasilkan Ban Tanpa Angin 'i-Flex'

Struktur multi lapisan yang saling terkait pada sel tiga dimensi memungkinkan penyerapan kejut (shock absorption) yang lebih baik serta memungkinkan struktur sel heksagonal dan tetragonal pada level kekakuan yang berbeda untuk bersatu dan meningkatkan dukungan beban yang lebih stabil.

Selain itu, profil cekung berbentuk C telah diterapkan untuk mengamankan kontak patch yang maksimal untuk memungkinkan pengalaman berkendara yang aman. Pola ban yang dioptimalkan untuk gerakan kendaraan multi arah ini juga diadopsi dengan cara memuat bentuk struktur sel pada desain tapak.

KOMENTAR (0)