Lebih Ringan, McLaren 765LT Resmi Diluncurkan

Lebih Ringan, McLaren 765LT Resmi Diluncurkan

Ajang Geneva Motor Show 2020 mungkin memang tak jadi dihelat untuk umum, namun ini tidak menghentikan debut publik perdana McLaren 765LT yang serba baru.

Ditetapkan untuk menjadi modellongtail’ terbaru, McLaren 765LT berbobot lebih ringan dan lebih kuat dari 720S yang telah meluncur sebelumnya. Secara tipikal, mobil ini telah diberi paket aerodinamika intensif berbahan serat karbon. Ini termasuk splitter depan yang diperpanjang, bemper yang dimodifikasi dan side skirt yang direvisi. Model ini juga memiliki bilah pintu yang unik, diffuser yang lebih besar dan sayap belakang ‘longtail‘ yang aktif.

Lebih Ringan, McLaren 765LT Resmi Diluncurkan

Selain sayap belakang yang unik, 765LT dibekali velg ultra ringan dengan baut titanium, berbungkus ban Pirelli P Zero Trofeo R yang dipesan terlebih dahulu. Velg palang 10 ini didukung oleh sistem pengereman karbon-keramik dengan kaliper yang bersumber dari Senna.

Di bagian belakang, tampak fascia belakang berventilasi dan sistem knalpot titanium empat knalpot yang 40% lebih ringan daripada knalpot baja yang sebanding. Selain penghematan berat, sistem ini juga memberikan “suara khas LT yang membakar”.

Lebih Ringan, McLaren 765LT Resmi Diluncurkan

Fokus kinerja meluas ke kabin karena pengemudi akan menemukan jok balap serat karbon yang 39,7 lbs (18 kg) lebih ringan daripada jok sporty yang digunakan dalam 720S. Berbicara tentang penghematan berat, AC dan sistem audio juga dilepas, namun, fitur-fitur tersebut masih bisa ditambahkan berdasarkan permintaan pembeli.

Sorotan lainnya antara lain bagian-bagian mobil berlapis kulit Alcantara, lantai dari serat karbon, dan sistem infotainment berlayar 8-inci. Juga akan ada banyak pilihan penyesuaian dan delapan tema warna ‘By McLaren’ yang dapat dipesan lebih dahulu. Salah satu opsi yang lebih menarik adalah panel kaca ganda yang memberikan pandangan sekilas tentang mesin V8 yang diusungnya. Ini terintegrasi ke dalam struktur serat karbon dan fitur badging 765LT serta surround serat karbon.

Lebih Ringan, McLaren 765LT Resmi Diluncurkan

Tenaga berasal dari mesin V8 twin-turbo berkapasitas 4.0-liter yang telah dilengkapi dengan piston aluminium, pompa bahan bakar tambahan, pompa oli yang direvisi, dan sistem manajemen mesin yang telah dikalibrasi ulang. Berkat modifikasi ini, mobil mampu menghasilkan tenaga 755 hp (563 kW/ 765 PS) dengan torsi 590-ft.lbs (799 Nm).

Peningkatan powertrain tidak berhenti sampai di situ karena McLaren 765LT ini memiliki transmisi kopling ganda tujuh percepatan dengan roda gigi yang dioptimalkan. Perubahan ini memungkinkan untuk “akselerasi gigi 15% lebih cepat daripada 720S dan waktu putaran tercepat dari model McLaren Super Series.”

Lebih Ringan, McLaren 765LT Resmi Diluncurkan

Memiliki bobot kering hanya 2.709 lbs (1.229 kg), 765LT mampu berakselerasi dari 0-60 mph (0-96 km/jam) dalam tempo 2.7 detik dan 0-124 mph (0-200 km/jam) dalam 7.2 detik. Mobil juga dapat melesat ke jarak seperempat mil dalam waktu kurang dari 10 detik, sebelum mencapai kecepatan tertinggi 205 mph atau 330 km/jam.

Menurut CEO McLaren, Mike Flewitt, “765LT adalah model LT paling berhasil dan menggembirakan yang pernah ada dari McLaren Automotive.” Ia menambahkan supercar ini menawarkan “performa luar biasa dan tingkat keterlibatan pengemudi yang menakjubkan” serta “pengalaman berkendara yang sepenuhnya mendalam.”

Lebih Ringan, McLaren 765LT Resmi Diluncurkan

Produksi McLaren 765LT akan dibatasi hanya 765 unit, dengan pengiriman pertama dijadwalkan akan dimulai pada bulan September mendatang. Saat ini masih belum ada kepastian tentang berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memboyong supercar terbaru ini pulang, namun perusahaan otomotif Inggris tersebut berjanji akan segera mengumumkannya. **MS/ Foto-foto: McLaren Automotive

KOMENTAR (0)