Lewis Hamilton Jadi Jawara F1 Singapura 2017

Lewis Hamilton Jadi Jawara F1 Singapura 2017

Lewis Hamilton sukses menobatkan dirinya jadi jawara di ajang F1 Singapura 2017, Minggu (17/9) kemarin. Hamilton finish terdepan dengan jarak 4,507 detik dari Daniel Ricciardo di posisi kedua, yang memberinya tekanan sepanjang balapan di sirkuit jalan raya Marina Bay di Singapura.

Turunnya hujan sebelum dan di awal balapan ternyata berbuah manis untuk keduanya. Di atas grid yang basah, Hamilton berhasil melesat dari posisi kelima hingga nyaris menyalip Sebastian Vettel dari sisi luar tikungan pertama. Tidak lama saat masuk tikungan 4, pimpinan balapan beralih ke tangan Hamilton karena Vettel melintir dan tersingkir dari balapan.

Lewis Hamilton Jadi Jawara F1 Singapura 2017

Tersingkirnya Vettel akibat terlibat tabrakan beruntun dengan Max Verstappen dan Kimi Raikkonen saat start, di mana Vettel yang berusaha memblokir Verstappen di sisi dalam justru menyebabkan senggolan antara Verstappen dan Raikkonen, yang kemudian melontarkan Raikkonen menyenggol mobil Vettel.

Verstappen dan Raikkonen langsung terhenti di tikungan 1 setelah melibatkan Fernando Alonso sebagai korban lainnya. Sementara, Vettel hanya bertahan dua tikungan lebih jauh sebelum melintir dan menabrak tembok dengan kerusakan pada sistem pendingin mobilnya.

Lewis Hamilton Jadi Jawara F1 Singapura 2017

Dari lintasan basah hingga kering, Hamilton kemudian beradu kecepatan dengan Ricciardo di belakangnya. Saat trek kering dan keduanya berganti ke ban slick, persaingan Hamilton dan Ricciardo semakin intens dengan masing-masing bergantian mencetak fastest lap. Akhirnya, Hamilton berhasil tetap di depan hingga finish pertama di depan Ricciardo.

Sementara, Valtteri Bottas membuat malam di Singapura nyaris sempurna untuk Mercedes dengan meraih finish ketiga. Carlos Sainz Jr juga meraih finis terbaik dirinya di F1 melalui posisi keempat, sekaligus hasil terbaik untuk Toro Rosso musim ini.

Lewis Hamilton Jadi Jawara F1 Singapura 2017

Dengan kemenangan ini sekaligus gagal finish-nya Vettel, Hamilton menjauh di puncak klasemen untuk unggul 28 poin dengan total 263 poin. Tim Mercedes sendiri semakin mendekati gelar juara konstruktor dengan total 475 poin dan unggul 102 poin dari tim Ferrari. **MS/ Image credit: AP Photo/ Wong Maye-E

TAGS

KOMENTAR (0)