Mencicipi Wuling Almaz 7 Seater dan Fitur WIND

Mencicipi Wuling Almaz 7 Seater dan Fitur WIND

Ada hal baru yang tim Otoblitz temui saat perayaan 2 tahun Wuling Motors Indonesia, Kamis, (11/7), di Putri Duyung Ancol, Jakarta. Wuling Almaz bersemat WIND (Wuling Indonesian Command) dan tiga baris bangku.

Yup, Almaz kini sudah berkonfigurasi tujuh penumpang di dalam kabinnya. Sayangnya tak mendetail berapa ukuran ruang kaki untuk penumpang baris kedua dan baris ketiga.

Mencicipi Wuling Almaz 7 Seater dan Fitur WIND

Pihak Wuling Motors meyakini informasi lebih lengkap mengenai Almaz 7 seater tersebut dipublikasi bersamaan dengan hajatan akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019, dubuka 18 Juli mendatang.

Tapi impresi tim Otoblitz saat berada di baris kedua Almaz 7 seater tersebut, ruang kaki masih cukup mengakomodir penumpang dengan tinggi lebih dari 170 cm. Oh iya, jok baris kedua tersebut bisa digeser maju mundur.

Mencicipi Wuling Almaz 7 Seater dan Fitur WIND

Pada baris ketiga, Wuling mendesainnya tak sekadar sebagai kursi tambahan. Tak sekadar jok, namun dibuat dengan lipatan-lipatan lazimnya sofa kelas premium.

Ada semburan penyejuk kabin personal di sana untuk masing-masing penumpang paling belakang, bisa ditemui di bagian atas cup holder.

Mencicipi Wuling Almaz 7 Seater dan Fitur WIND

Akses penumpang ke baris ketiga juga sangat mudah berkat konfigurasi lipat baris kedua 60:40. Bagi penumpang dewasa yang duduk di sana dengan tinggi 170 cm, masih ada cukup ruang kaki dan ruang kepala sehingga tidak terbentur langit.

Tak ada kesan sempit di sana, karena ada jendela kecil untuk bisa melihat sekeliling. Bahkan kesan lega bertambah dengan membuka sunroofnya. Posisi duduknya juga tidak terlalu turun, sehingga masih bisa berkomunikasi dengan penumpang di depan.

Almaz juga menghadirkan keselamatan standar untuk dua penumpang belakang dengan menyematkan sabuk pengaman.

Mencicipi Wuling Almaz 7 Seater dan Fitur WIND

Nah, beralih ke peranti baru berupa software WIND yang disematkan sebagai perintah suara di Almaz. Wuling Motors mengatakan bahwa fokus pengendara akan lebih baik dan tangan pengendara akan tetap di kemudi sehingga lebih sigap bila ada kejadian di depan. Pastinya berdampak meningkatkan keselamatan berkendara.

Saat melakukan pengujian WIND, Otoblitz.net mencoba sembilan perintah suara yang bisa dilakukan oleh Almaz. Mulai dari perintah suara “Halo Wuling” dan menunggu WIND membalas “Halo” kemudian dilanjutkan dengan perintah nyalakan AC serta ngatur suhu, buka tutup sunroof, buka tutup jendela, nyalakan audio dan pilih gelombang dengan angka, memilih lagu melalui USB flashdisk, menanyakan waktu dan tanggal, mengecek tekanan angin hingga panggilan telepon.

Mencicipi Wuling Almaz 7 Seater dan Fitur WIND

Brand Manager Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani menjelaskan bahwa WIND merupakan software, sehingga bisa diupdate. “Saat ini masih baru sekitar sembilan perintah suara, kedepannya memungkinkan untuk ditambah lagi perintah suaranya. Bila ada update akan dilakukan di diler.”

Dirinya menambahkan perintah suara berbahasa Indonesia ini dilakukan sesuai dengan bahasa keseharian sehingga sistem tak terkendala untuk mengenali perintah suara.

Mencicipi Wuling Almaz 7 Seater dan Fitur WIND

Saat melakukan pergantian perintah suara semisal dari mengatur kesejukan kabin beralih ke pengaturan sunroof harus mengucapkan “Halo Wuling”. Selebihnya cukup memerintah, buka sunroof, buka separuh sunroof, miringkan sunroof.

Sementara untuk perintah buka tutup jendela masih di kaca pengendara. Nah, mantapnya lagi, penumpang di belakang juga bisa melakukan perintah suara ke WIND ini.

Sejauh ini cukup impresif bagi kami mencicipi sejenak Almaz dengan konfigurasi tujuh tempat duduk dan perintah suara WIND. Lebih jauhnya, nantikan detailnya di GIIAS 2019. [KCH]

KOMENTAR (0)