Mobil Terparkir Lama, Lakukan Hal Berikut Agar Ban Tidak Rusak

Mobil Terparkir Lama, Lakukan Hal Berikut Agar Ban Tidak Rusak

Saat pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang bekrja di rumah. Melakukan aktivitas di luar rumah seperlunya saja, agar tidak tertular virus Corona yang saat ini penyebarannya masih tinggi.

Jika bepergian dekat, mungkin menggunakan sepeda motor saja cukup. Nah, bagi mereka yang memiliki mobil, tentu akan terparkir lama di garasi rumah. Setelah dicuci bersih bagian eksterior dan interior, kemudian mobil pun disimpan.

Namun, ada yang perlu Anda ketahui, jika ingin menyimpan mobil di garasi rumah ada baiknya jangan didiamkan dalam waktu lama. Sebaiknya sering dijalankan, cukup beberapa ratus meter saja. “Agar ban bergerak, baik telapak ban maupun dinding samping ban, tidak diam saja,” terang Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk.

Mobil Terparkir Lama, Lakukan Hal Berikut Agar Ban Tidak Rusak

Untuk kendaraan penumpang maksimum tekanan angin 44 Psi. Selanjutnya, secara berkala dinding samping ban diberi pengkilap khusus untuk ban, dengan bahan dasar silikon, khusus untuk ban.

“Kalau memungkinkan kendaraan di dongkrak, sehingga ke 4 rodanya terangkat. Namun harus hati-hati posisi dongkraknya, harus aman, tidak mudah jatuh jika tersentuh atau kesenggol,” tambahnya

Bicara lamanya waktu, tidak bisa dipastikan, karena tergantung beberapa hal, di antaranya suhu ruangan dan berat kendaraan. “Selain itu, posisi simpan ditempat teduh atau terbuka harus dilihat juga,” ungkap Zulpata.

Mobil Terparkir Lama, Lakukan Hal Berikut Agar Ban Tidak Rusak

Setidaknya, satu sampai dua bulan sekali boleh di coba dulu, kalau sudah ada masalah, misal sudah terjadi flat spot, berarti harus lebih sering lagi diperiksanya. “Sebaliknya, kalau belum ada masalah, berarti waktu pemeriksaan bisa lebih lama lagi,” pungkas Zulpata.

KOMENTAR (0)