MotoGP Andalusia, Fabio Quatararo Kembali Kuasai Podium Pertama

MotoGP Andalusia, Fabio Quatararo Kembali Kuasai Podium Pertama

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, berhasil memenangi balapan MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (26/7/2020) malam WIB. Pada balapan MotoGP Spanyol yang berlangsung selama 25 putaran itu, Quartararo berhasil mengungguli Maverick Vinales dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) Ini merupakan kemenangan kedua Fabio Quartararo pada MotoGP 2020 dan juga sepanjang kariernya. Sebelumnya, Quartararo meraih kemenangan perdananya pada seri perdana MotoGP Spanyol pekan lalu.  Ia menjadi pebalap termuda yang berhasil memenangi seri MotoGP secara back-to-back sejak Marc Marquez.

MotoGP Andalusia, Fabio Quatararo Kembali Kuasai Podium Pertama

Adapun Maverick Vinales sukses mempertahankan posisi kedua yang juga diraihnya pada MotoGP Spanyol.  Ini adalah balapan kedua di Sirkuit Jerez setelah MotoGP Spanyol akhir pekan lalu. Balapan berlangsung pada suhu udara 37 derajat celcius dan suhu lintasan 59 derajat. Kondisi menyulitkan tersebut memakan korban dengan delapan rider harus DNF karena berbagai alasan.

Mesin Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) dan Pecco Bagnaia (Pramac Ducati) bermasalah sehingga mereka harus pensiun. Sementara, Brad Binder (Red Bull KTM) dan Miguel Oliveira (KTM Tech 3) harus mengalami crash highside.

MotoGP Andalusia, Fabio Quatararo Kembali Kuasai Podium Pertama

Fabio Quartararo yang mengawali balapan dari pole position memulai balapan dengan solid. S Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi keempat sukses menyalip Maverick Vinales dan Fransesco Bagnaia ke posisi kedua. Pada lap kelima, Quartararo measih mempertehankan posisi terdepan. Dia unggul 2,981 detik atas Rossi. Quartararo membuka jarak hampir tiga detik dari Valentino Rossi di peringkat kedua memasuki lap keenam. Pada lap kesembilan, Rossi dan Vinales bersaing ketat unyuk posisi kedua. Sementara itu, Quartararo semakin memperlebar jarak hingga 4 detik atas Rossi pada lap ke-11.

Pada saat bersamaan, Vinales merosot ke posisi keenam di belakang Bagnaia, Miller, dan Morbidelli. Tak berselang lama, Jack Miller kehilangan keseimbangan yang membuatnya jatuh dan gagal melanjutkan balapan. Pada lap ke-13, Rossi kehilangan posisi kedua setelah disalip anak asuhnya di akademi VR46, Fransesco Bagnaia. Memasuki lap ke-17, Quartararo terus tancap gas dan memperlebar harak hampir lima detik dengan Bagnaia yang ada di posisi kedua.

MotoGP Andalusia, Fabio Quatararo Kembali Kuasai Podium Pertama

Sementara itu Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang ada di posisi keempat keluar lintasan karena mengalami masalah pada motornya. Hal ini menjadi mimpi buruk bagi Yamaha karena kegagalan mesin ini sama dengan apa yang terjadi ke Valentino Rossi di Sirkuit Jerez akhir pekan sebelumnya. Saat tersisa delapan putaran, Bagnaia nyaman di posisi kedua dengan jarak 2,555 detik atas Rossi.

Namun, motor Bagnaia juga mengalami kerusakan dengan asap keluar dari belakang motornya. Alhasil, Rossi kembali naik ke posisi runners up. Pada lap ke-24 Rossi yang selangkah lagi menempati podium kedua harus merosot ke posisi tiga setelah disalip rekan setimnya, Maverick Vinales. Alhasil, Fabio Quartararo sukses mempertahankan gelar juaranya. Ini merupakan gelar juara kedua beruntun bagi Quartararo pada musim 2020. Sebelumnya dia meraih kemenangan perdana pada MotoGP Spanyol pekan lalu.

KOMENTAR (0)