Penundaan Balap F1 Diperpanjang

Penundaan Balap F1 Diperpanjang

Setelah beberapa ajang balap 2020 dibatalkan, Tim dan Otoritas Formula 1 (F1) sepakat menunda dan menjadwal ulang ajang bergengsi itu. Sebelumnya balapan single seater itu dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Agustus 2020, namun pandemi COVID-19 mengharuskannya ditunda.

Sejumlah tim F1 telah menangguhkan persiapan mereka selama tiga minggu terakhir. Pertemuan para pejabat F1 pada, Senin, 6 April 2020, sepakat memperpanjang masa penangguhan selama lima minggu ke depan.

Penundaan Balap F1 Diperpanjang

“Melalui voting secara elektronik, Komisi dan tim F1 juga Dewan Olahraga Motor Dunia sepakat untuk memperpanjang periode penutupan (shutdown) Formula1. Perpanjangan dari 21 hari menjadi 35 hari. Terhitung mulai bulan Maret, April, dan Mei. Keputusan ini berlaku untuk semua pesaing dan produsen unit daya,” demikian bunyi pernyataan dari FIA.

Keputusan itu diambil ketika sejumlah negara menerapkan protokol pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah. Perjalanan yang diperbolehkan hanya untuk membeli kebutuhan dasar dan mendesak. Beberapa tim F1 yang bermarkas di Inggris sudah mulai mengistarahatkan pekerja mereka selama waktu istirahat tanpa balapan. Sekitar setengah staf dari jumlah total telah dirumahkan.

Penundaan Balap F1 Diperpanjang

Sementara itu, Grand Prix Kanada yang dijadwalkan berlangsung pada 14 Juni 2020 belum ada informasi akan dibatalkan. Namun beberapa pihak meragukan acara itu akan terlaksana mengingat belum ada tanda-tanda COVID-19 mereda. Di sisi lain Grand Prix Inggris, yang dijadwalkan 19 Juli, baru akan diputuskan pada akhir April mendatang.

Meski demikian para pejabat F1 tetap berharap bisa melaksanakan 15-18 seri balapan musim 2020 yang akan dimulai pada musim panas mendatang. Jika virus corona belum juga mereda, opsi memperpanjang kampanye hingga 2021 tetap dipertimbangkan oleh mereka.

KOMENTAR (0)