Resmi Diluncurkan, Inilah Kelebihan Smart SIM

Resmi Diluncurkan, Inilah Kelebihan Smart SIM

Surat Izin Mengemudi atau SIM menjadi kartu yang wajib dimiliki pengemudi kendaraan bermotor di jalan raya. SIM digolongkan menjad beberapa jenis, menyesuaikan dengan kendaraan yang dikemudikan oleh seseorang.

Dan baru-baru ini, pada peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-64, Korps Lalu Lintas Polri telah meluncurkan Surat Izin Mengemudi Pintar atau Smart SIM bersamaan dengan diluncurkannya layanan SIM online.

Resmi Diluncurkan, Inilah Kelebihan Smart SIM

Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono, Wakil Kepala Polri mengatakan,masyarakat juga telah memberikan respons yang positif dengan peluncuran Smart SIM. Hal ini berkaitan erat dengan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui modernisasi teknologi.

“Seperti penyelenggaraan ERI, E-TLE, pelayanan SIM dan Samsat online, namun demikian saya berharap saya berharap beragam pencapaian yang diraih tidak membuat lalu lintas Polri berpuas diri,” ujarnya.

Resmi Diluncurkan, Inilah Kelebihan Smart SIM

Sementara Irjen Pol Refdi Andri, Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri mengungkapkan bahwa Smart SIM memiliki perbedaan dengan SIM biasa, dan keunggulannya adalah seluruh data riwayat pemegang SIM terekam secara elektronik.

“Pertama, yang sangat penting yaitu adalah bagaimana kita mencatat perilaku pengemudi, ketika pengemudi melakukan pelanggaran lalu lintas itu tercatat pada chip kartu dan server kita,” ucapnya.

Resmi Diluncurkan, Inilah Kelebihan Smart SIM

Diungkapkan oleh Refdi, SIM juga menjadi alat bantu untuk bisa mengetahui forensik Kepolisian yang berkaitan si pengemudi. Tak cukup sampai di situ, rencananya Smart SIM bisa digunakan sebagai uang elektronik, dan bisa di isi dana hingga maksimal Rp 2 juta atas kerja sama dengan beberapa bank.

“Yang berkaitan dengan uang elektronik akan dilakukan uji coba, karena ini dilakukan di-support oleh Bank Indonesia, dan mitra kita bank BNI, BRI dan Mandiri. Mudah-mudahan nanti semua bisa kita lakukan dengan baik,” pungkasnya.

KOMENTAR (0)