Sejarah Avanza, Menyambut Generasi Terbaru 2019

Sejarah Avanza, Menyambut Generasi Terbaru 2019

Siapa yang tak kenal dengan mobil sejuta umat, Toyota Avanza. Rasanya Avanza begitu melekat di ingatan masyarakat Indonesia sebagai mobil yang paling sering ditemui di jalanan.

Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) ini banyak dipilih karena kapasitasnya yang banyak. Bisa menampung hingga 7 penumpang dengan kabin yang lapang. Pertimbangan masyarakat Indonesia membeli MPV juga lebih cenderung karena sering bepergian dengan anggota keluarga yang banyak.  Kapasitas bagasi yang luas juga menjadi kekuatan utama meskipun pemiliknya belum berkeluarga.

Rouli Sijabat selaku Public Relation Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengungkapkan,”Avanza sebenarnya lahir dari inspirasi yang penuh perjuangan, zaman krisis ekonomi, saat Indonesia sedang transisi. Avanza digemari karena mewarisi kelebihan Kijang, tapi harganya murah,” jelas Rouli beberapa waktu lalu saat kegiatan media gathering.

Sejarah Avanza, Menyambut Generasi Terbaru 2019

Ramainya segmen MPV di Indonesia berdampak pada memicunya juga kompetitor meluncurkan MPV sejenis yang menjadi penantang kuat Avanza. Sebut saja mulai dari Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander hingga Suzuki Ertiga.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2003, Avanza mampu menorehkan angka penjualan mencapai 100.000 unit pada tahun pertamanya. Setelah bertahan 3 tahun, kemudian Avanza mengalami penyegaran minor change, yaitu pengembangan pada bagian desain eksterior dan interior, mesin VVT-i dan peningkat kenyamanan berkendara.

Tak sampai disitu, pada 2008 kembali Toyota pun melakukan penyegaran lagi. Bagian eksterior dan interior menjadi fokus utama untuk ubahan Avanza saat itu. Barulah pada 2009, akhirnya Toyota melengkapi Avanza dengan varia baru, yaitu 1.3G A/T dan pada 2010, varian baru lagi 1.3E A/T.

Memasuki tahun 2011 lahirlah Avanza Veloz sebagai varian tertinggi dari Avanza. Kemudian Avanza semakin lengkap untuk sektor keselamatan, kenyamanan berkendara meninggkat dan interior pun mempunyai karakter yang baru.

Avanza “Grand New” di tahun 2015 juga menjadi model minor change dengan ciri khas baru pada bagian lampu depan-belakang, grill, pelek serta rear spoiler. Untuk fitur keselamatan, Avanza sudah dilengkapi dengan side impact beam, isofix, immobilizer, sabuk pengaman depan dengan pretensioner dan force limiter, sabuk pengaman 3-titik untuk tujuh penumpang.

Sejarah Avanza, Menyambut Generasi Terbaru 2019

Model minor change untuk Avanza ini terjadi perubahan paling siginifikan, yaitu hadirnya dua mesin pilihan, 1.300cc dan .1500cc dengan teknologi VVT-i.

Di penghujung 2018, informasi tentang Avanza terbaru pun kian menghangat. Ini lantaran desain Avanza saat ini kian hari membosankan dibandingkan dengan MPV kompetitor yang tampil lebih segar. Salah satu akun sosial media dengan nama @joricer_design pun sempat menyebar sketsa Avanza Veloz 2019.

Wujud sketsanya memang menarik. Namun apakah Avanza terbaru yang akan diluncurkan tahun 2019 akan sesuai dengan harapan penggemar MPV Indonesia? Kita tunggu saja.

KOMENTAR (0)