‘The One & Only’ Ford Mustang ‘Shorty’ Segera Dilelang

'The One & Only' Ford Mustang 'Shorty' Segera Dilelang

Walau baru akan digelar pada bulan Maret 2015 mendatang, namun balai lelang Auctions America mulai mengumumkan mobil-mobil klasik yang akan ditawarkan di lelang tahunan yang akan digelar di Fort Lauderdale, Florida ini.

Salah satu dari koleksi unik dan ultra-langka yang ditawarkan adalah mobil konsep Ford Mustang ‘Shorty’, yang dikembangkan pada 1963 dan diperkenalkan pada publik di tahun 1965 silam.

'The One & Only' Ford Mustang 'Shorty' Segera Dilelang

Kembali ke awal tahun 1960-an, Ford melakukan serangkaian pengembangan konsep untuk Mustang, dimulai dengan prototipe dua penumpang yang menggunakan mesin V4 dari Ford Jerman yang dipasang di belakang kokpit. Dan Gurney memperkenalkan mobil konsep ini dengan mengendarainya di sekitar trek balap Watkins Glen sebelum pembukaan US Grand Prix 1963.

Membutuhkan lebih banyak ruang di kompartemen penumpang, konsep lain berjuluk Mustang ‘XT-Bird’ dibangun pada sasis pendek Ford Falcon, dengan modifikasi bodywork mengadopsi Ford Thunderbird 1957. Mobil ini memiliki dua jok belakang untuk anak-anak.

'The One & Only' Ford Mustang 'Shorty' Segera Dilelang

Setelah serangkaian pengembangan konsep, hadirlah Vince Gardner yang sempat memenangkan penghargaan National Roadster Show dengan mobilnya, Gardner Special, yang berbasiskan Studebaker Champion 1947. Pada tahun 1963, Gardner bergabung dengan pabrik Dearborn Steel Tubing, yang ditugaskan oleh Ford untuk mendesain konsep Mustang III.

Dengan bodywork yang dirancang oleh Gardner, Mustang ini memiliki tampilan fastback berkapasitas dua penumpang, dibangun di atas sasis Mustang yang telah dipotong sepanjang 16 inci. Sebuah mesin V8 berkapasitas 302-kubik inci custom build dengan tiga karburator two-barrel disematkan sebagai pendongkrak kinerjanya.

'The One & Only' Ford Mustang 'Shorty' Segera Dilelang

Sayangnya, saat diperkenalkan pada publik untuk pertama kalinya di Museum Henry Ford tahun 1965, Mustang yang berjuluk ‘Shorty’ ini kurang mendapat sambutan dan antusiasme dari kalangan otomotif, lantaran bentuknya yang dianggap ‘aneh’ dan ‘tak simetris’.

“Lantaran banyak kekecewaan dari pengunjung dan kalangan otomotif, rencana Ford untuk memproduksi terbatas model ini pun gagal. Kecewa karena tak jadi diproduksi, Gardner pun membawa pergi mobil Mustang ‘Shorty’ ini ke sebuah gudang dan menyimpannya disana,” demikian rilis Auctions America tentang sekilas sejarah mobil unik ini.

'The One & Only' Ford Mustang 'Shorty' Segera Dilelang

Namun akhirnya, pada tahun 1968 sang Mustang ‘Shorty’ pun menemukan pemilik yang mau merawatnya hingga saat ini. Setelah disimpan rapi selama beberapa tahun, sang pemilik pun kemudian melakukan restorasi lengkap untuk mengembalikan mobil ke kondisi semula.

Setelah restorasi rampung, Mustang ‘Shorty’ pun ditampilkan di ajang Amelia Island Concours d’Elegance tahun 2013. Selain itu, baru-baru ini Mustang ‘Shorty’ ini juga ditampilkan di berbagai acara di Amerika Serikat, sebagai bagian dari perayaan 50 Tahun Mustang.

'The One & Only' Ford Mustang 'Shorty' Segera Dilelang

Auctions America mengatakan bahwa Ford Mustang ‘Shorty’ akan bergabung dengan sekitar 500 mobil klasik dan koleksi lainnya di lelang Fort Lauderdale, tanggal 27-29 Maret 2015 mendatang. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)