Tim Red Bull Honda Raih Hasil Podium Ganda Pada Seri Balap Grand Prix Bahrain 2020

Tim Red Bull Honda Raih Hasil Podium Ganda Pada Seri Balap Grand Prix Bahrain 2020

Untuk pertama kalinya, dua pembalap dari tim Aston Martin Red Bull Racing naik podium secara bersamaan pada balapan musim 2020 ini. Max Verstappen dan Alex Albon berhasil naik podium secara bersamaan di posisi kedua dan ketiga pada Grand Prix Bahrain di Sakhir, 29 November 2020.

Selain hasil finis podium ganda, mobil bermesin Honda lainnya juga finis di peringkat 6 besar. Hal ini merupakan hasil yang sangat baik pada balapan yang berjalan penuh dengan drama ini. Insiden pada awal lomba yang dialami oleh Romain Grosejan mengakibatkan balapan harus ditunda lebih dari satu jam, tetapi para pembalap Honda masih tetap dapat memberikan performa yang sangat baik.

Max memulai balapan dengan start yang baik di posisi kedua dan Alex di posisi kelima. Keduanya melaju dengan ban medium di perbatasan pertama sebelum beralih ke ban keras. Setelah pitstop pertama, Max melakukan pergantian ban kedua lebih awal dari saingannya, tetapi sayang melakukan pit stop agak terlambat dan berakhir 3 detik di belakang Lewis. Max terus menekan tetapi tidak bisa menutup jarak, sehingga pemberhentian ketiga kemudian membuatnya beralih kembali ke ban medium dari ban keras dan mengatur putaran tercepat dalam perjalanannya ke posisi kedua.

Alex yang sangat kompetitif berhasil naik ke posisi keempat di depan Valtteri Bottas lebih awal setelah memulai balapan kembali dan memberikan beberapa tekanan pada pembalap di depannya yang menghasilkan posisi ketiga hingga garis akhir. Ini adalah kali ketiga Honda memiliki dua mobil yang naik ke podium dalam dua musim terakhir.

Sedangkan itu, Pierre Gasly saat memulai balapannya kembali, mengambil kesempatan untuk beralih ke ban keras dan kembali di posisi kesembilan hingga berhasil menyalip beberapa mobil di depannya hingga berakhir di posisi ke-6. Sementara itu, Daniil Kvyat harus puas di posisi 11. Ia mendapatkan penalti untuk akibat insiden dengan Lance Stroll di tikungan 8 dimana pembalap asal Rusia tersebut mendapatkan penalti 10 detik.

Toyoharu Tanabe, Technical Director Honda F1 mengatakan, “Pertama-tama kami sangat lega mengetahui bahwa Romain Grosjean berhasil keluar dari kecelakaan mengerikan itu dan hanya mendapatkan cedera ringan. Kami belum pernah melihat kecelakaan seperti itu selama bertahun-tahun, tetapi itu membuktikan betapa amannya mobil Formula 1 saat ini dan dengan kerja keras FIA di bidang keselamatan selama bertahun-tahun. Ketika balapan dimulai kembali, kami menyaksikan performa solid dari Aston Martin Red Bull Racing dan sangat senang melihat kedua pembalap tersebut naik podium. Ini adalah awal yang positif untuk triple-header terakhir dengan bonus tambahan dari Max yang mengambil putaran tercepat balapan.”

Toyoharu pun berkomentar bahwa Pierre adalah satu-satunya pembalap yang melakukan strategi satu kali pit-stop dan melakukan balapan dengan manajemen ban yang cerdas dan sabar untuk membuatnya berhasil dan finis di urutan keenam. Honda pun berencana untuk menjaga momentum minggu lalu untuk akhir pekan depan dan untuk putaran final di Abu Dhabi.

Hingga saat ini, Tim Aston Martin Red Bull Racing berada di posisi kedua pada klasemen konstruktor dengan perolehan total 274 poin. Sementara Tim Scuderia AlphaTauri di posisi ke-7 dengan perolehan total 97 poin.

 

KOMENTAR (0)