Tips Praktis, Periksa Busi Motor Anda Selama #DiRumahAja

Tips Praktis, Periksa Busi Motor Anda Selama #DiRumahAja

Dalam masa mewabahnya virus corona saat ini, sebagian besar dari kita banyak yang bekerja dirumah. Itu berarti kendaraan kita pun lebih banyak nganggur daripada digunakan seperti biasa.

Bagi pecinta otomotif tentu hal ini membuat jari-jari kita lebih cepat gatal, karena praktis kegiatan touring, ngoprek dan kumpul komunitas menjadi tertunda.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk kegiatan ngebengkel dirumah yang sifatnya tidak banyak membutuhkan peralatan lengkap. Salah satunya adalah memeriksa kondisi busi kendaraan kita. Untuk kalian pengguna motor tentu relative lebih mudah karena tidak banyak compartment yang harus dibuka dibandingkan dengan mobil yang lebih banyak extra job.

Tips Praktis, Periksa Busi Motor Anda Selama #DiRumahAja

Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya membutuhkan kunci standar untuk membuka compartment, kunci busi sesuai dengan kendaraan masing-masing, serta tambahan kaca pembesar untuk melihat seberapa kerusakan busi kita.

Cek Gejala Kerusakan
Busi yang sudah dibuka segera dilakukan pengecekan dengan menggunakan kaca pembesar untuk dilihat gejalanya. Gejala-gejala seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over bahkan keausan normal pun bisa kita lihat secara jelas. Secara normal pemakaian busi biasanya akan mengalami pengerakan karbon ataupun tingkat keausan tinggi kalau sudah seperti ini penggantian busi menjadi alternative pilihan yang terbaik dibandingkan membersihkannya.

Tips Praktis, Periksa Busi Motor Anda Selama #DiRumahAja

Untuk proses membersihkannya juga perlu diperhatikan beberapa hal, kalau hanya membersihkan kerak kotoran yang menempel cukup menggunakan penetran pembersih kampas rem saja kemudian di bersihkan menggunakan kain. Tidak disarankan membersihkan menggunakan amplas ataupun benda tajam seperti sikat kawat.

Jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru dan itu membantu kita mengembalikan performa busi menjadi seperti baru agar kenyamanan dan keamanan berkendara menjadi lebih terjamin

KOMENTAR (0)