Tips Sehat Merawat Kabin Mobil Selama Libur

Tips Sehat Merawat Kabin Mobil Selama Libur

Menikmati Lebaran di rumah, AutoFamily dapat memanfaatkan waktu yang berharga untuk merawat kabin mobil yang bisa dijalankan bersama keluarga tercinta. Terutama mengingat wabah COVID-19 masih ada dan AutoFamily wajib menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, termasuk kabin mobil. Berikut adalah langkah sederhana yang bisa dijalankan.

1. Cuci Mobil Hingga Bersih

Karena sibuk setiap hari, sangat mungkin mobil jarang dibersihkan. Sekarang saat yang tepat untuk mencuci mobil, baik eksterior termasuk kolong mobil, ruang mesin, kabin, hingga bagasi. Kabin menjadi salah satu prioritas mengingat di situlah AutoFamily menetap hampir setiap hari. Keluarkan seluruh karpet, cuci dengan sabun pembersih dan keringkan hingga sempurna agar tidak meninggalkan bau tidak sedap.

Tips Sehat Merawat Kabin Mobil Selama Libur

2. Manfaatkan Penyedot Debu

Masuk ke dalam kabin mobil, gunakan alat penyedot debu alias vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran halus yang menempel di dalam kabin. Mulai dari area dashboard, panel pintu, jok, hingga kolong jok dan lantai jangan sampai terlewatkan. Lanjut masuk ke bagasi mobil, termasuk rongga penyimpanan ban cadangan yang ada di bawah bagasi. Waspada celah antar panel sebagai lokasi bersembunyinya debu dan kotoran.

3. Bersihkan dengan Cairan Pembersih

Masuk ke langkah yang lebih spesifik yakni membersihkan panel pada kabin mobil menggunakan cairan pembersih khusus otomotif. Secara garis besar, material interior mobil berasal dari fabric, plastik, vinyl, kulit asli dan sintetis, kayu, serta logam. Sesuaikan bahan pembersih yang dipakai dengan material kabin dan pelajari cara memakainya supaya tidak merusak panel interior.

Tips Sehat Merawat Kabin Mobil Selama Libur

4. Periksa Filter Kabin

Keberadaan filter yang berfungsi sebagai penyaring kotoran tersebut kerap terabaikan. Padahal filter kabin memiliki peran yang begitu penting yakni menyaring kotoran dalam sistem sirkulasi AC mobil dimana umumnya filter kabin berada di balik laci dashboard. Jangan disemprot angin bertekanan, filter kabin yang kotor harus diganti di bengkel Auto2000 karena memegang peran penting dalam menjaga kebersihan udara di dalam mobil sehingga wajib menggantinya dengan yang asli dan bergaransi.

5. Semprotkan Cabin Disinfectant

Langkah terakhir adalah menyemprotkan cabin disinfectant ke dalam kabin mobil untuk membunuh bakteri di udara. Auto2000 menjual produk cabin disinfectant dengan keunggulan tidak mengandung benzene yang termasuk dalam Substance of Concerns (SoC) karena dapat membahayakan manusia serta telah dites oleh laboratorium IPB dan memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan RI.

Tips Sehat Merawat Kabin Mobil Selama Libur

6. Manfaatkan Program Auto2000

Auto2000 menjalankan program Safety and Health Campaign selama bulan Mei–Juni 2021. Di tengah situasi pandemi COVID-19, program ini bertujuan untuk memastikan mobil selalu dalam kondisi prima dan sehat saat digunakan . Tersedia promo diskon hingga 10% untuk suku cadang yang berkaitan dengan keselamatan berkendara antara lain brake pad, battery, dan shock absorber.

KOMENTAR (0)