Update Terkini Pembangunan Sirkuit Mandalika

Update Terkini Pembangunan Sirkuit Mandalika

Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah MotoGP 2021 mendatang, dimana Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok Nusa Tenggara Barat akan menjadi tempat diselengarakannya balapan motor bergengsi di dunia tersebut.

Lalu sampai sejauh mana pengerjaan sirkuit Mandalika, apakah bakal rampung sesuai dengan waktu yang ditentukan? Karena, dari situs MotoGP, tahun 2021 seri ke-15 akan berlangsung di Mandalika.

Jika dilihat dari akun youtube Agus Harianto pengerjaan terlihat sedang dikebut. Proses terlihat menyelesaikan beberapa tahapan, sesuai dengan regulasi yang ditentukan oleh Federasi Balap Motor Dunia (FIM), dan Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP.

Update Terkini Pembangunan Sirkuit Mandalika

Tahapan-tahapan tersebut di antaranya penggalian lintasan utama sedalam 1 meter sepanjang 4,31 km, pembuatan service road di kanan dan kiri, pengerasan tanah agar tidak ambles dan bergelombang. Selain itu juga pengerjaan rembesan air di kanan dan kiri lintasan. Tahapan selanjutnya pengaspalan dengan aspal utama, aspal bahu, aspal sub track dan aspal tanggul. Pengerjaan sudah dilakukan pengerasan tanah sampai ke tikungan ke-17.

Dalam video tersebut Vidio juga menjelaskan, ada kendala di tikungan kedua, sehingga belum digarap. Ada area yang masih dalam tahap negosiasi untuk pembebasan lahan. Kesiapan lain yang tak kalah penting adalah terowongan, sudah digali sampai kedalaman 7 meter. Fungsinya untuk lalu lalang logistik, penonton yang akan masuk ke area tengah dan lainnya. Sehingga tidak mengganggu jalanya balapan.

Update Terkini Pembangunan Sirkuit Mandalika

Meski sempat terhambat karena Pandemik Covid-19, namun setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah mulai di longgarkan, pengerjaan dikebut kembali. “Sempat ada kendala ya, Pandemik, yang terjadi di semua negara, tapi kami kembali lanjutkan,” terangnya kepada KabarOto, Senin (7/9).

Lalu bagaimana dengan kesiapan infrastruktur pendukung seperti hotel dan akses jalan? Dyan juga memastikan jika hotel-hotel sudah sedang dalam persiapan. Rumah warga pun akan diberdayakan untuk menjadi penginapan atau yang lebih dikenal dengan home stay.

Setelah sirkuit ini jadi, nantinya selain MotoGP yang berlangsung pada 2021, juga ada WSBK dan Formula 1 yang rencananya akan hadir di sirkuit Mandalika. Dyan mengatakan, setiap tahun tentu banyak kegiatan baik balap motor dan juga mobil di sirkuit ini. “Pastinya ada kerjasama dengan promotor-promotor,” terangnya.

KOMENTAR (0)