Xpander Cross, Keagresifan dan Kenyamanan Sebuah Crossover MPV

Xpander Cross, Keagresifan dan Kenyamanan Sebuah Crossover MPV

Mitsubishi Xpander bisa disebut sebagai salah satu model Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang sangat fenomenal. Bagaimana tidak? saat pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 silam, salah satu produk andalan Mitsubishi Motors ini langsung terjual hingga 30.000 unit dalam hitungan jam.

Hal tersebut membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus melakukan pengembangan Xpander ini bisa menjadi crossover MPV untuk mengisi segmen LMPV dan SUV yang memang saat ini digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Xpander Cross, Keagresifan dan Kenyamanan Sebuah Crossover MPV

Untuk itu, pada akhir tahun 2019 lalu, PT MMKSI secara resmi memperkenalkan Mitsubishi Xpander varian tertinggi dengan gaya crossover MPV yaitu Mitsubishi Xpander Cross. Berbagai sentuhan ala SUV-pun disematkan pada sosok Xpander Cross tersebut, termasuk ground clearance yang lebih tinggi sepabia salah satu ciri khas SUV.

Nah, baru-baru ini, saya merasakan secara langsung kenyamanan, keagresifitasan hingga fitur-fitur yang sudah disematkan pada Xpander Cross bertransmisi otomatis (A/T) dari Jakarta menuju Kota Bandung, Jawa Barat.

Xpander Cross, Keagresifan dan Kenyamanan Sebuah Crossover MPV

Saat pertama kali masuk kedalam mobil ini, saya langsung disuguhi dengan pemandangan interior Mitsubishi Xpander Cross yang memberikan kesan nyaman. Apalagi pada bagian dashboard mendapat balutan kombinasi warna hitam dan coklat tua membuat membuat saya ‘mencium’ aroma sangat berkelas.

Salah satu hal menyenangkan pada Mitsubishi Xpander Cross ini adalah sistem hiburan yang berpusat pada head unit dengan layar sentuh 7 inci. Head unit ini sudah dapat terkoneksi dengan ponsel pintar melalui Bluetooth, termasuk konektivitas Apple CarPlay maupun Android Auto. Perjalanan dari Jakarta menuju Bandung menggunakan Mitsubishi Xpander Cross ini memang sebuah pengalaman tersendiri bagi saya dan keluarga.

Xpander Cross, Keagresifan dan Kenyamanan Sebuah Crossover MPV

Untuk menunjang tampilannya, Xpander Cross juga dilengkapi dengan grille baru yang yang diperkuat dengan skid plate pada bumper depan, sehingga menjadikannya terlihat semakin kokoh. Secara dimensi, model crossover ini juga lebih lebar 50 mm dari model Xpander biasa. Dan yang menarik adalah perubahan pada kaki-kaki, yang kini menggunakan pelek dengan ukuran 17 inci alloy wheel dan dipadukan dengan wheel arch molding dan side body garnish.

Dengan berbagai perubahan dan penambahan tersebut, kesan MPV rasa SUV pun begitu terasa, apalagi Xpander Cross juga mendapatkan beberapa peningkatan dibanding varian sebelumnya, diantaranya adalah lampu depan atau head lamp. Diman pada Xpander Cross sudah dibekali lampu LED, sedangkan di Xpander masih menggunakan bohlam halogen.

Xpander Cross, Keagresifan dan Kenyamanan Sebuah Crossover MPV

Bicara performa, Mitsubishi Xpandert Cross ini dibekali dengan mesin bensin berkapasitas 1.5 liter MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system), DOHC 16 valve yang memudahkan pengoperasian dari RPM rendah ke tinggi. Mesin dengan kode 4A91 itu mendapatkan peningkatan, bila dibandingkan dengan model sebelumnya, karena Xpander Cross mampu menghasilkan tenaga 104HP dan torsi puncak 141 Nm.

Keunggulan lain mobil ini adalah mampu melindungi secara menyeluruh pengendara dan penumpang di dalam kabin, karena begitu berada didalam, kita akan merasakan kesenyapan yang luar biasa. Hal yang membuat Xpander unggul dalam hal ini adalah penggunaan peredam kabin yang lebih baik.

Xpander Cross, Keagresifan dan Kenyamanan Sebuah Crossover MPV

Selain mendapatkan berbagai penambahan fitur dan teknologi layaknya sebuah SUV, Xpander Cross juga bisa dibilang sangat irit untuk urusan bahan bakar. Karena sejak pertama kali melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Bandung dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam, konsumsi bahan bakar kendaraan ini bisa mencapai 13,9 km/liter (pada layar MID).

Nah, jika anda menginginkan sebuah kendaraan yang bisa menampung 7 penumpang dan memiliki tampilan yang sangat sporty dan kokoh, Mitsubishi Xpander Cross inilah jawabannya. Apalagi kendaraan andalan Mitsubishi Motors ini hanya dibanderol dengan harga mulai Rp 267,7 juta untuk varian M/T, lalu Rp 277,7 juta untuk A/T, dan Rp 286,7 juta untuk varin tertinggi.

Xpander Cross, Keagresifan dan Kenyamanan Sebuah Crossover MPV

Memang jika melihat daftar tersebut, Xpander Cross memiliki harga tertinggi dibanding varian yang sama yang juga dimiliki para rivalnya. Namun, anda juga pasti akan mendapatkan keuntungan yang lebih.

KOMENTAR (0)