Perhatikan Hal Ini Sebelum Menerjang Banjir

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menerjang Banjir

Musim hujan telah datang dan dalam beberapa hari belakangan selalu mengguyur daerah di Indonesia. Bahkan beberapa waktu lalu, dibeberapa lokasi di Jakarta sempat terendam oleh genangan air. Meskipun tidak terlalu lama, namun hal tersebut juga menjadi maslah tersendiri bagi para pengguna sepeda motor ataupun mobil.

Memang ada beberapa mobil yang memiliki ketinggian maksimal agar mampu menerjang genangan air yang terjadi, terutama model Sport Utility Vihicle (SUV). Namun, jangan karena naik SUV, lantas main terjang jalan banjir begitu saja, meskipun dibanding model sedan atau Multi Purpose Vihicle (MPV), kendaraan jenis ini lebih handal untuk urusan melintasi genangan air.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menerjang Banjir

Namun, perlu dicatat, tidak semua SUV punya kemampuan sama soal mengatasi genangan air. Karena masing-masing pasti ada batasnya (ketinggian air) yang berbeda-beda bagi tiap model. Dalam bahasa teknis, batas itu dikenal sebagai water wading depth, atau water fording depth.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menerjang Banjir

Dilansir dari berbagai sumber, bagi SUV penggerak 4×4 atau gerak roda belakang yang memakai gardan, mesti memperhatikan kondisi gardan setelah menerjang banjir. Diatas kertas, sebenarnya masih aman bila hanya sesekali terpaksa melibas genangan air dalam. Tapi, kalau SUV sampai terjebak banjir dan gardan terendam, maka air bisa menyusup lewat breather.

Oli gardan yang terkontaminasi air akan berwarna coklat muda, dan akan merusak komponen jeroan gardan. Lama-kelamaan gigi gardan aus dan mendengung. Lakukan prosedur yang sama untuk transmisi alias girboks, khususnya untuk SUV dengan penggerak roda depan.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menerjang Banjir

Nah, berikut kami lampirkan water wading depth beberapa SUV populer di Indonesia. Namun bila SUV anda tak tercantum, tinggal buka kap mesin, dan ukur jarak lubang intake udara (tempat saringan udara) ke tanah.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menerjang Banjir

Toyota Fortuner (700 mm), Toyota LC200 (700 mm), Toyota Rush/Daihatsu Terios (600 mm), Mitsubishi Pajero Sport (700 mm), Mitsubishi Outlander PHEV (400 mm), Mitsubishi Eclipse Cross (400 mm), Nissan Terra (500 mm), Isuzu Mu-X (600 mm), Chevrolet Trailblazer (800 mm), Nissan X-Trail (450 mm/4wd), Range Rover Evoque (600 mm), Range Rover (850 mm), Land Rover Discovery Sport (600 mm), BMW X5/X3 (500 mm), Mercedes GLS (582 mm), Mercedes GLC (300 mm), Mercedes G63 (700 mm), Renault Duster (400 mm), Range Rover Evoque (900 mm), Jeep JL Wrangler (760 mm).

KOMENTAR (0)