Porsche Vision Gran Turismo, Mobil Balap Virtual Masa Depan

Porsche Vision Gran Turismo, Mobil Balap Virtual Masa Depan

Porsche dan studio pengembangan video game Jepang Polyphony Digital Inc., anak perusahaan Sony Interactive Entertainment, menghadirkan konsep kendaraan virtual yang spektakuler. Seri game ‘Gran Turismo’ telah menampilkan mobil sport Porsche sejak 2017, yang terbaru adalah Taycan Turbo S. Untuk peluncuran game edisi ketujuh, Porsche, untuk pertama kalinya, mengembangkan kendaraan murni untuk dunia virtual. Porsche Vision Gran Turismo adalah studi konsep pertama pabrikan mobil sport yang dibuat khusus untuk digunakan dalam permainan komputer. Ini akan tersedia secara eksklusif di Gran Turismo 7, yang akan dirilis pada 4 Maret 2022 untuk PlayStation 4 dan PlayStation 5.

Dengan bermitra dengan Polyphony Digital, Porsche tidak hanya menunjukkan pendekatan visioner khusus, tetapi sekali lagi juga menunjukkan keahlian tingkat tinggi di antara para desainernya. Terbebas dari kendala pengembangan model untuk produksi seri, mereka mampu mewujudkan ide mereka sendiri untuk sebuah mobil konsep Gran Turismo.

Porsche Vision Gran Turismo, Mobil Balap Virtual Masa Depan

“Kendaraan yang dirancang murni untuk dunia maya membuka kemungkinan menarik bagi kami yang sebaliknya sangat diatur dalam proses desain reguler untuk mobil produksi seri. Proyek seperti Porsche Vision Gran Turismo sangat berharga bagi kami dalam proses kreatif. Mengembangkan lebih lanjut DNA Porsche Design kami yang terdefinisi dengan jelas dan bertukar dengan desainer dari industri lain adalah bagian penting dari pekerjaan kami, kata Michael Mauer, Vice President Style Porsche.

Porsche Vision Gran Turismo, Mobil Balap Virtual Masa Depan

Vision Gran Turismo menampilkan versi orientasi masa depan dari elemen desain Porsche yang sudah dikenal. Mobil konsep menunjukkan proporsi khas merek dengan rasio height-to-width yang sangat sporty, kap mesin yang sangat rendah dan sayap yang sangat menonjol. Lampu di bagian depan yang sangat murni dan saluran masuk udara terintegrasi menciptakan hubungan visual dengan bahasa desain Taycan-mengacu pada penggerak listrik murni mobil. Bagian belakang dihiasi dengan strip lampu yang sangat narrow – pengembangan lebih lanjut dari ciri khas lampu yang familiar dari model 911 dan Taycan.

Porsche Vision Gran Turismo, Mobil Balap Virtual Masa Depan

Penekanan yang jelas dari identitas merek berlanjut di interior, dengan tampilan hologram melengkung, disesuaikan dengan pengemudi, yang tampak melayang di atas roda kemudi. Posisi duduk yang rendah menggaris-bawahi nuansa dinamis mobil. Penampilan permukaan yang realistis di interior juga memainkan peran utama. “Kami menghabiskan waktu lama mempertimbangkan desain material yang tepat yang terdiri dari karbon dan titanium. Tujuannya adalah untuk mengurangi bobot sekaligus meningkatkan performa,” kata Markus Auerbach, Kepala Desain Interior di Porsche. “Selain itu, aspek berkelanjutan juga berperan dalam proyek-proyek yang berwawasan ke depan. Misalnya, kami hanya menggunakan bahan vegan sepenuhnya di mobil konsep.”

“Daya tarik Porsche berasal dari desainnya yang murni,” kata Kazunori Yamauchi, Presiden, Polyphony Digital. “Dan dalam hal keahlian teknik, kami dan Porsche mengikuti filosofi perfeksionis yang sama. Kami berbagi semangat yang sama untuk balapan dan menantikan mobil masa depan.”

Porsche Vision Gran Turismo, Mobil Balap Virtual Masa Depan

Selain tema yang berhubungan dengan desain murni, ada juga fungsi baru yang ber-kontribusi pada perasaan mobil sport yang kuat, dengan pemain mengalami umpan balik haptic melalui pengontrol, yang meniru nuansa roda kemudi. Umpan balik yang cepat dan langsung ini mengingatkan pada mobil balap sungguhan.

Porsche Vision Gran Turismo, Mobil Balap Virtual Masa Depan

Memperluas aktivitas permainannya juga memiliki arti strategis bagi Porsche. “Kami dapat melibatkan kelompok sasaran muda dan digital di tempat lahirnya impian otomotif mereka: dunia game,” kata Robert Ader, Wakil Presiden Pemasaran di Porsche AG. “Kemitraan dengan Polyphony Digital dan ‘Gran Turismo’ sangat cocok untuk Porsche, karena motorsport – baik nyata atau virtual – adalah bagian dari DNA kami.” Integrasi mobil sport Porsche pertama yang dikembangkan murni untuk ruang virtual merupakan tonggak penting dalam kemitraan strategis antara Porsche dan Polyphony Digital Inc.

Porsche menciptakan pengalaman otentik dan emosional. Dalam konteks ini, video game dan dunia virtual menawarkan peluang baru untuk membuat mobil sport menjadi interaktif, dan membuat pengalaman mengemudinya dapat diakses. Untuk alasan ini, Porsche telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dari industri game selama beberapa tahun dan kegiatan ini sekarang menjadi bagian integral dari bauran pemasaran. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan pengalaman merek yang bertahan lama.

KOMENTAR (0)