Wuling Cortez CT Type S, MPV Bermesin Turbo Paling Terjangkau Di Indonesia

Wuling Cortez CT Type S, MPV Bermesin Turbo Paling Terjangkau Di Indonesia

Sukses bermain di kelas LMPV lewat produk Confero, tak membuat Wuling Motors besar kepala untuk kembali menghadirkan MPV mid-size premiumnya, Cortez pada 2018 lalu. Fitur dan teknologi yang disematkannya pun kian bertambah drastis demi menjadikan Cortez sebagai MPV premium dengan harga terjangkau di kelasnya.

Wuling memposisikan Cortez sebagai alternatif bagi konsumen yang mencari MPV dengan kelas produk di atas Confero terutama dari segi dimensi, fitur dan mesin. Awalnya, Wuling  menawarkan Cortez  dengan  pilihan mesin 1.5L dan 1.8L sesuai kebutuhan konsumen. Tentunya, fitur untuk kedua varian ini disesuaikan dengan kelas harganya sehingga memudahkan konsumen untuk menentukan produk yang sesuai daya beli dan kebutuhan.

Wuling Cortez CT Type S, MPV Bermesin Turbo Paling Terjangkau Di Indonesia

Memasuki tahun 2019, jajaran Cortez bertambah dengan meluncurnya Wuling Cortez CT Type C dan L dan hanya menawarkan mesin berkapasitas 1.5L turbo plus transmisi manual 6-speed dan CVT. Memasuki Juli 2020, kini Wuling Motors membawa kembali varian pelengkap Wuling Cortez dengan model Type S. Singkatnya, kini tersedia tiga pilihan trim untuk Cortez yaitu, Type C, Type L dan terbaru adalah Type S. Menawarkan dua pilihan transmisi dan konfigurasi bangku, Cortez CT Type S MT 8-Seater ditawarkan dengan harga Rp 209 juta sedangkan untuk Cortez CT S CVT-Captain Seat (Synthetic Leather) dengan harga Rp 233 juta (OTR Jakarta).

Sebagai entry-level medium MPV, Wuling Cortez CT Type S tidak mendapatkan perubahan yang terlalu signifikan dibandingkan dua varian sebelumnya. Itulah hal menariknya, varian ini memang disiapkan untuk para keluarga maupun penunjang operasional perusahaan yang menginginkan Cortez dengan versi harga terjangkau. Saat ini, bisa dikatakan jika Wuling Cortez CT Type S adalah MPV medium bermesin turbo paling terjangkau yang bisa didapatkan di Indonesia.

Wuling Cortez CT Type S, MPV Bermesin Turbo Paling Terjangkau Di Indonesia

Meski memiliki bentuk yang sama, namun ada beberapa perbedaan mendasar untuk Type S dengan transmisi manual 6-percepatan. Untuk tipe ini ada sedikit pengurangan fitur standar seperti fog lamp, rain sensing wiper, spion elektrik, sunroof dan ornamen krom di bagian grille dan ruas jendelanya. Selain itu, tampak velg single tone Type S diadopsi dari model Cortez 1.5L sebelumnya. Kemudian kedua model varian ini hanya menggunakan grille silver tanpa aksen krom, dan juga nihil peredam dan cover mesin.

Wuling Cortez CT Type S, MPV Bermesin Turbo Paling Terjangkau Di Indonesia

Tidak seperti Type L (trim tertinggi dengan LED), pencahayaan headlamp Type S manual dan CVT masih mengandalkan halogen, namun tetap hadir dengan proyektor dengan fitur height adjuster juga follow me home. Versi paling basic ini terisi kursi untuk 8-penumpang dengan material bahan fabric dan bukan berbahan kulit. Meski begitu, konsumen dapat mengubah kursi tengah menjadi posisi captain seat dengan penambahan biaya sebesar 4 juta rupiah. Hal serupa juga sama untuk varian Type S CVT, namun ada opsional tambahan untuk melakukan upgrade pada material kursi fabric menjadi bahan kulit dengan atau tanpa posisi captain seat dengan harga yang sama.

Wuling Cortez CT Type S, MPV Bermesin Turbo Paling Terjangkau Di Indonesia

Wuling Cortez CT Type S sendiri masih memiliki beberapa perangkat fitur standar yang juga ada di Type C dan L seperti One Push Start/Stop Button, Keyless Entry, Remote Open Windows and Trunk, dan Anti-Theft System. Tidak hanya itu, varian Cortez CT Type S CVT juga dilengkapi dengan beragam fasilitas lainnya, meliputi Advanced 8” Entertaiment System, Audio Steering and Call Button, Rear Parking Camera, Rear Disk Brake, USB charging, sistem deselerasi ABS dan EBD, ISOFIX, hingga dual SRS airbags. Panel instrumennya masih terlihat sama dengan Type C, meski ada perbedaan di bagian konsol tengah yang terisi tuas rem tangan biasa bukan Electric Parking Brake, tanpa ESC dan hilangnya power outlet di kursi baris ketiga.

Wuling Cortez CT Type S, MPV Bermesin Turbo Paling Terjangkau Di Indonesia Wuling Cortez CT Type S, MPV Bermesin Turbo Paling Terjangkau Di Indonesia Wuling Cortez CT Type S, MPV Bermesin Turbo Paling Terjangkau Di Indonesia Wuling Cortez CT Type S, MPV Bermesin Turbo Paling Terjangkau Di Indonesia Wuling Cortez CT Type S, MPV Bermesin Turbo Paling Terjangkau Di Indonesia

Sebagai keluarga dari ‘The New Advanced MPV’, Wuling Cortez CT Type S dibekali dengan mesin yang sama dengan Cortez CT Type C dan L, yakni mesin bensin berkonfigurasi 4-silinder 1.500cc dengan Turbocharger yang memiliki kompetensi untuk menghasilkan tenaga maksimal 140 hp dengan torsi 250 Nm. Dua pilihan transmisi pun ditawarkan, yaitu manual 6-percepatan dan Continuously Variable Transmission (CVT) yang halus dan responsif.

Wuling Cortez CT Type S, MPV Bermesin Turbo Paling Terjangkau Di Indonesia

Berbeda dari Cortez 1.5 dan 1.8 sebelumnya, jajaran Cortez CT ini telah mengusung platform dari Wuling Almaz. Perpaduan antara mesin dan transmisi terbaru ini diyakini siap menyuguhkan pengalaman berkendara yang berbeda. Cortez CT secara maksimal akan memberikan kenyamanan sebuah MPV premium, sesuai dengan standarisasi terbaik yang ditanamkan Wuling pada produk Cortez. Dalam hal ini adalah desain eksterior, interior, performa, fitur juga pengendalian yang dikemas dalam satu paket lengkap. Foto: RizkyVox

 

KOMENTAR (0)